Saturday 1 September 2018

MENJADI BEAUTY BLOGGER

MENJADI BEAUTY BLOGGER

MENJADI BEAUTY BLOGGER


Hai Gengs.. Assalamualaikum..
Kali ini aku bukan mau review produk, tapi cuma ingin sharing, ngobrol-ngobrol. Banyak teman-teman di instagram aku menanyakan tentang beauty blogger.
Pertanyaan yang datang kurang lebih seperti ini : "Gimana caranya?", "Apa saja yang perlu disiapkan?", "Gimana sih kak cara dapat produk dari brand?" Dan lain-lain yang menurut aku lebih baik aku jawab sekalian di blog post ini saja. 

Aku nulis ini, pure 100% niat tulus aku untuk sharing dan membantu. Aku bukan beauty blogger yang hits atau senior dengan buanyak followers. Masih banyak yang super hits di luar sana dan aku masih perlu banyak belajar. Tapi, karena lumayan banyak yang bertanya, akan aku bantu sebisa aku untuk menjawab.

Menjadi Beauty Blogger Niatnya Untuk Apa?

MENJADI BEAUTY BLOGGER
bareng sama teman-teman beauty blogger lainnya


Sebelum aku menjawab pertanyaan  teman-teman yang DM aku "gimana cara jadi beauty blogger" sebelumnya aku mau balik bertanya dulu, "niatnya jadi beauty blogger untuk apa?"

Kenapa aku tanya tentang niat? Karena niat itu lah yang nantinya akan mengarahkan kita untuk menjadi beauty blogger yang seperti apa. Selain itu, ada juga yang bilang ke aku "enak ya dapat kosmetik terus, jadi pengen jadi beauty blogger deh.". Niat aku saat memutuskan untuk jadi beauty blogger bukan untuk dapat produk dari brand atau hal hal yang berbau-bau materi. Bahkan dulu sama sekali enggak pernah tau bakal atau bisa dapat produk dari brand dan bisa menghasilkan uang dari blog.

Sedikit flash back, aku memulai blog aku ini di tahun 2016. Sebelumnya aku menjalani profesi sebagai banker, lalu aku resign, terus aku belajar makeup profesional dan menjadi makeup artist (Alhamdulillah sampai saat ini).

Terus, karena aku berkecimpung di dunia makeup,  aku suka banget ngomongin tentang makeup.  Biasanya sama teman-teman lewat chat. Nah dari situ,  aku bilang dalam hati,  "bukannya lebih baik dan bisa kasih manfaat untuk lebih banyak orang kalau aku sharing secara luas ya.  Gimana caranya aku bisa sharing ke orang banyak?  Ya dengan blog. "

Dari situ awalnya aku buat blog yang URLnya super panjang seperti kereta, yaitu arianirosidiputri.blogspot.co.id yang Alhamdulillah saat ini sudah berubah jadi hai-ariani.com. Hehe.

Iya,  niat aku untuk membuat blog pertama kali adalah murni untuk sharing.  Karena kalau aku mau beli produk, apapun itu aku pasti cari review dari blog dulu. Jadi aku pengen bisa bermanfaat seperti orang-orang yang blog nya aku baca dulu sebelum memutuskan membeli produk atau enggak.

Alhamdulillah, seiring berjalannya waktu, brand mulai mempercayakan aku untuk project review, komunitas-komunitas beauty blogger juga mempercayakan aku untuk mereview produk dari suatu brand, selain itu aku juga mendapatkan undangan dari brand atau komunitas beauty blogger,  dan lain-lain. Itu semua adalah hal yang harus aku syukuri dan harus aku jaga kepercayaannya karena buat aku kepercayaan itu nomer satu.

Baik kepercayaan dari brand, komunitas-komunitas, dan terlebih lagi dari semua yang membaca blog aku. InsyaAllah, aku pastikan semua review yang aku tulis semuanya jujur, karena niat tulus aku ingin sharing. Jadi aku enggak merasa butuh menulis "honest review" atau "review jujur" di setiap title blog post atau video youtube aku karena ya semuanya harus jujur. Baik itu produk yang aku beli sendiri atau yang aku dapat dari brand, semuanya harus direview dengan sejujur-jujurnya.

Jadi,  niat awal itu yang  nantinya akan membuat kita jadi beauty blogger yang mereview produk dengan "nyawa" kah,  atau hanya sekedar ala-ala saja. Itu nanti keliatan dari konten-konten yang kita buat.

Jadi, kamu boleh jawab di dalam hati, apa niat kamu untuk mau jadi beauty blogger? 

Bagaimana Cara Menjadi Beauty Blogger?

MENJADI BEAUTY BLOGGER


Untuk menjadi beauty blogger, tentu saja kamu harus punya blog. Terus pertanyaan selanjutnya adalah, "Cara bikin blog gimana kak?" Kamu cukup buka blogger.com atau wordpress, lalu kamu buat blog dari situ. Terus, kamu bisa mulai menulis di blog kamu.

Untuk Menjadi Beauty Blogger Peralatan Apa Saja Yang Dibutuhkan?

Basically , untuk menjadi beauty blogger butuh kamera dan cahaya. Oiya, tentunya objek yang akan kamu review atau kamu share. Tapi kalau objek, insyaAllah aku yakin kalau kamu memang sudah fokus di beauty blog, kamu sudah bisa kebayang produk atau hal apa saja yang akan kamu bahas di blog kamu.

MENJADI BEAUTY BLOGGER


Kamera dan Cahaya

Kamera yang aku pakai pertama kali adalah kamera dari iphone 5s. Alhamdulillah setelah itu aku beralih menggunakan sony A 5000 yang aku pakai sampai sekarang, cuma lensanya saja yang aku ganti.

Oiya, tripod sebenarnya perlu juga. Tapi aku ga fokus ke sini, kamu bisa beli tripod atau pakai tumpukan buku atau kardus. Pinter-pinter saja untuk setting nya. Hehe.

Nah, karena aku mengerjakan konten-konten baik untuk di blog ataupun di youtube channel aku itu curi-curi waktu. Harus nunggu anak aku tidur dulu, artinya aku biasa melakukan proses produksi konten itu enggak tentu waktunya. Bisa pagi, bisa malam.

Jadi, aku butuh cahaya walaupun di malam hari atau subuh sekalipun. Maka dari itu, aku beli ring light supaya kalau aku foto atau filming malam hari, cahayanya tetap baik.

menjadi beauty blogger
sony a 5000 dan ringlight supaya bisa bikin konten malem-malem. Hehe.
"aku ga punya kamera kak", "aku ga punya ring light. Jadi enggak bisa kak.". 
Jangan membatasi diri kamu dengan hal-hal yang seharusnya tidak membatasi kamu. Kamera, kamu punya hp kan? Iya, hp yang biasanya kamu pakai untuk foto yang di post di instagram kamu. Nah, itu yang kamu manfaat kan untuk mengambil gambar yang nantinya ada di blog kamu. 

Untuk cahaya, alhamdulillah kita dikasih sinar matahari yang segitu cantiknya untuk foto-foto atau buat video. Jadi, manfaatkanlah pemberian dari Allah yang gratis itu untuk pencahayaan foto kita.

Aku punya referensi, cek blognya Rahma Brilianita atau bisa juga Nindy, mereka berdua yang aku sangat super ngefan banget karena foto-fotonya. Begitu pertama kali tau kalau Rahma dan Nindy pakai hp untuk semua foto blog nya, aku rasanya pengen langsung sungkem melihat hasil foto yang sama sekali enggak kelihatan kalau itu hanya diambil dari smart phone.

Jadi manfaatkan apa yang kamu punya saat ini supaya bisa memberikan nilai lebih untuk kamu.

Selanjutnya kamu boleh belajar foto-foto , untuk memaksimalkan foto. Aku sampai sekarang juga masih belajar urusan foto dan edit foto. Dan jangan malu atau takut untuk mulai. Kalau kamu lihat postingan di blog aku yang pertama kali, itu juga aku bilang dalam hati "yampun.. foto aku dulu jelek banget ya." Tapi dari situ alhamdulillah aku bisa lihat progresnya. Aku enggak bilang aku sudah jago, enggak. Tapi paling enggak aku menunjukan progres yang positif dan masih terus belajar.

Produk Yang  Direview Beli atau Gimana Kak?

Kalau kita mau mulai buat beauty blog atau jadi beauty blogger, bisa aku simpulkan kita tertarik di dunia beauty kan? Atau bisa aku simpulkan kita itu beauty enthusiast. Rasanya, enggak mungkin kalau seorang beauty enthusiast enggak punya produk-produk beauty sama sekali kan? 

Aku dulu memulai dengan review foundation, lipstik, eyeshadow, dan produk lainnya yang aku punya. Nah, aku yakin kamu punya lipstik yang biasa kamu pakai, atau eyeshadow, foundation, atau base makeup apapun yang sering kamu pakai. Bisa juga skincare yang cocok sama kamu dan selalu kamu repurchase setiap habis. Semua produk itu bisa kamu review di blog kamu gengs.



MENJADI BEAUTY BLOGGER


Enggak usah pusing mau beli-beli produk baru dulu untuk di review. Kecuali kalau kamu emang sudah ada budget khusus untuk itu ya enggak apa-apa, tapi kalau budget nya belum ada, atau dipakai untuk keperluan lain, kamu bisa banget review produk-produk yang memang kamu pakai. Justru, semakin sering kamu pakai akan semakin membuat kamu bisa mereview produk itu dengan lebih dalam kan.

Jadi Intinya, Untuk Jadi Beauty Blogger Itu..

Jadi intinya gengs, tanyakan dulu diri kamu niatnya apa. Fokus ke sana. Terus manfaatkan segala yang kamu punya. Mulailah untuk menulis dan belajar menulis. Seiring berjalannya waktu, aku yakin banyak yang bisa dipelajari untuk memperbaiki konten yang kita buat.

Yang penting, mulai saja dulu. Hehe.

Semangat ya gengs.. kita sama-sama belajar. Seperti yang aku sebut sebelumnya, aku pun masih belajar, masih berproses untuk menjadi lebih baik lagi. Because learning is a never ending process.



find me on:
instagram: @arianirosidi
youtube: Hai Ariani
FB Page: Hai Ariani
email:  ayarosidi@gmail.com

No comments :

Post a Comment

Back to Top