Monday 26 September 2022

3 Hal yang Aku Perhatikan Dalam Memilih Facial Wash agar Kulit Tetap Sehat

3 Hal yang Aku Perhatikan Dalam Memilih Facial Wash agar Kulit Tetap Sehat

Dulu, aku merasa kulit kesat dan terasa kering itu hal yang wajar dirasakan setelah mencuci wajah. Padahal, kulit ketarik dan kesat setelah mencuci muka itu bukan hal yang baik, justru mengancam skin barrier kulit. Akhirnya membuat kulit jadi kering, mudah berjerawat, dan muncul berbagai masalah kulit lainnya.Setelah membaca beberapa sumber, akhirnya aku memutuskan untuk memerhatikan beberapa hal sebelum memutuskan untuk memilih facial wash supaya kulit aku tetap sehat, enggak kering dan ketarik setelah mencuci wajah dan tetap lembap. Berikut adalah hal-hal yang aku perhatikan sebelum memilih sabun cuci muka.

1. Low pH
 
 
Y.O.U AMINO LOW PH CLEANSING MOUSSE

 
Duluuu banget, aku benar-benar cuek banget sama pH sabun wajah. Yang aku tahu, pokoknya sabun wajah itu semuanya sama aja, untuk membersihkan wajah. Padahal pH sabun wajah itu adalah gerbang utama menuju kulit sehat.

Sabun wajah yang aman untuk kulit memiliki pH yang rendah, sekitar 5-6 karena pH alami wajah kita juga rendah, sekitar 5-6. pH tinggi dalam facial wash akan menyebabkan ketidakseimbangan pH wajah kita yang mengakibatkan rusaknya skin barrier yang berujung berbagai masalah kulit seperti breakout, kering, kusam, dan masalah kulit lainnya. Sejak aku paham pentingnya pH sabun wajah, aku selalu memilih sabun cuci muka dengan pH yang rendah.

2. Tidak Mengandung SLS
SLS atau Sodium Lauryl Sulfate adalah surfaktan yang menarik air dan memcah minyak, sehingga membantu proses pembersihan. Sebenarnya, enggak semua kulit "bermusuhan" dengan SLS, tapi kulit aku yang cenderung kering ini akan semakin kering kalau menggunakan facial wash dengan kandungan SLS.

Setiap aku menggunakan sabun wajah dengan kandungan SLS, kulit aku langsung berasa kering banget dan benar-benar enggak nyaman. Sejak saat itu aku sadar, kulit aku ini enggak bisa menggunakan facial wash dengan kandungan SLS.

3. Tekstur Lembut Tanpa Scrub
Tekstur sabun wajah yang ideal menurut aku adalah yang lembut tanpa scrub. Scrub dalam facial wash sangat aku hindari karena secara sadar atau tidak sadar akan membuat aku mengeksfoliasi wajah setiap saat menggunakan facial wash. Terlalu sering mengeksfoliasi wajah akan membuat wajah kita jadi iritasi.

Pertimbangan-pertimbangan itu yang membuat aku enggak bisa sembarangan memilih facial wash. Pokoknya facial wash yang aku pakai harus lembut, low pH, dan enggak ada SLSnya. 

Nah ini dia salah satu rekomendasi facial wash yang aku pakai yang membuat kulit aku tetap sehat dan lembap. Enggak ada rasa kering atau ketarik di kulit aku setelah cuci muka, dan tentunya menjaga kesehatan skin barrier aku. 

Y.O.U Amino Low pH Cleansing Mousse



Ini dia YOU Amino Low pH Cleansing Mousse. Aku sukaaa banget banget banget sama facial wash ini. Pertama, dari segi packaging. Packaging-nya aman banget. Berupa botol dengan pump dan ada pengaman yang membuat pump-nya enggak mudah kepencet dan bocor waktu dibawa-bawa, dan super higienis banget.

Y.O.U Amino Low pH Cleansing Mousse



Terus, teksturnya yang moussy berupa busa yang lembut banget yang bikin kulit wajah terasa nyaman banget waktu cuci muka. Sesuai namanya, pH nya juga rendah. Aku sempat cek menggunakan pH test paper, dan hasilnya pH nya disekitar 5. pH yang ideal untuk facial wash.

Y.O.U Amino Low pH Cleansing Mousse



Selain itu, YOU Amino Low pH Cleansing Mousse ini juga mengandung Japanese Amino Acid Complex yang merupakan struktur penyusun protein yang ada pada lapisan kulit kita dan merupakan Natural Moisturizing Factors yang berperan dalam melembapkan kulit. Selain itu juga mengandung 5X Ceramide dan Korean Cica. Makanya enggak heran kalau facial wash ini juga terasa melembapkan kulit.

Y.O.U Amino Low pH Cleansing Mousse



Enggak cuma itu aja, YOU Amino Low pH Cleansing Mousse ini juga tidak mengandung alcohol, paraben, mineral oil, benzophenone, BHA/BHT, Phthalates, Triclosan, Formaldehyde, PABA, Homosalate, Fragrance, dan SLS/SLES. Kemungkinan besar buat kamu yang kulitnya sensitif juga aman untuk pakai ini.

Aku menggunakan YOU Amino Low pH Cleansing Mousse ini sudah sekitar seminggu. Yang aku rasakan selama menggunakan produk ini adalah kulit aku jadi bersih, enggak terasa kering dan ketarik, juga lembapkan. Jadi waktu setelah selesai mencuci muka, wajah aku tetap berasa plumpy. Suka banget.

Buat kamu yang selama ini sering merasa kering atau ketarik setelah cuci muka, mungkin kamu bisa cobain YOU Amino Low pH Cleansing Mousse ini juga deh. Bisa dibeli di sini.

No comments :

Post a Comment

Back to Top