Wednesday, 26 July 2017

NGOPI CANTIK BEAUTIESQUAD #1 : HOW TO MAKE FLAT LAY PHOTO FOR BEGINNER

NGOPI CANTI BEAUTIESQUAD #1 : HOW TO MAKE FLATLAY PHOTO FOR BEGINNER

 
FLAT LAY

Hai.. Assalamualaikum.. 

As a blogger, tentunya kita pingin dong ya berkembang bareng, belajar bareng, saling sharing, dapat ilmu bareng-bareng. Nah, karena itu lah, BeautieSquad membuat program yang namanya Ngopi Cantik.
Ngopi Cantik itu sebenarnya mirip sama workshop, bedanya kalau workshop dilakukan secara offline di sebuah ruangan, kalau Ngopi Cantik dilakukan secara online di grup whatsapp. 

Sebenarnya pengen sih dilakukan seperti workshop pada umumnya, tapi karena member BeautieSquad itu cakupannya seluruh indonesia, kita pengennya bisa bikin suatu forum belajar untuk meningkatkan skill sebagai blogger untuk semua member. Selain itu juga banyak keterbatasan, sehingga kita memutuskan untuk membuat Ngopi Cantik, belajar secara online dari sumber yang ahli dibidangnya.

Materi dari Ngopi Cantik pertama adalah How To Make Flat lay Photo For Beginner. Pemateri nya adalah Rahma Brilianita.

Rahma Brilianita atau yang akrab dipanggil Rahma, adalah salah satu Beauty Blogger (www.rahmabrilianita.com) yang flat lay photo nya sadis bener. Kali ini, aku mau sharing hasil Ngopi Cantik BeautieSquad bareng Rahma kemarin.

HOW TO MAKE FLATLAY PHOTO FOR BEGINNER 

1. Konsep Foto Flat Lay
Menurut Rahma, banyak konsep yang bisa kita pilih sesuai dengan selera kita. Terutama foto flat lay yang bisa dipakai untuk mengkonsep instagram kita. 

Ada yang di design dengan tema serba putih, gelap, warna warni, dan lain-lain. Sebaiknya ditentukan tema yang sesuai dengan konsep yang kita inginkan sehingga sesuai dengan konsep instagram kita.Tentunya, konsep ini disesuaikan dengan karakter masing-masing blogger.

FLAT LAY
source : instagram.com/rahmabrilianita
2. Peralatan Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Flat Lay Photo

FLAT LAY PHOTO
a. Kamera
Pasti lah ya mau foto-foto butuh kamera. Tapi, kita ga perlu mikir jauh-jauh kalau kameranya harus bagus atau kamera professional. Menurut Rahma, yang penting adalah mau memulai

Dulu,  pas awal-awall Rahma mulai blogging, hapir semua foto yang ada di blog nya diambil menggunakan kamera hp. Mulai tahun 2011pakai Nokia 2100, setelah itu ganti Samsung Young 2MP, setelah itu ganti dengan Samsung Frame 5MP, dan sekarang pakai Asus 13MP.

Usahakan, minimal 13 MP, tapi kamera zaman sekarang kayanya udah bagus-bagus kameranya. So, you can start it ! 

Manfaatkan apa saja yang ada, daripada nunggu kamera professional, ga mulai-mulai fotonya. Kecuali kalau sudah ada budget untuk beli kamera professional, itu lebih baik. Tapi kalau ga ada, mulai lah dengan segala yang ada.
b. Pencahayaan
Lighting yang baik is a must. Again, kalau belum punya dan belum ada budget, ga perlu beli ring light , soft box, manfaatkan cahaya yang paling besar di seluruh dunia, yaitu cahaya matahari. Cahaya Matahari yang paling bagus untuk foto adalah cahaya jam 08.00-11.00, saat kondisi cerah.

Saat ambil fotonya jangan langsung dibawah cahaya matahari nya, tapi dibagian sejuknya cahaya matahari.

Kalau kita kerja atau kuliah, susah untuk foto-foto jam 8 - 11 pagi, kita bisa siasati dengan membuat mini studio.

flat lay
source : detikgadget.com
Berdasarkan pengalaman Rahma, untuk foto malam hari memang dibutuhkan resolusi kamera yang cukup tinggi karena kalau menggunakan resolusi rendah akan banyak noise yang muncul.

c.  PC/Laptop/HP
Untuk editing foto. Kalau Rahma lebih suka edit foto pakai PC, karena lebih merasa puas untuk utak-atik fotonya. 
3. Perlengkapan 
Sebelum masuk ke perlengkapan apa saja yang dibutuhkan, Rahma mengingatkan kita untuk bisa melihat benda dari sudut keseksiannya.

a. Objek Foto
Objek foto diibaratkan Rahma adalah tokoh utama di setting flat lay photo kita. Objek foto ini harus dibuat pas sedemikian rupa, sehingga kalau pertama kali kita lihat foto, mata kita langsung tertuju pada si tokoh utama itu.

FLAT LAY PHOTO
source : instagram.com/rahmabrilianita
Di foto ini, single eye shadow nya Ranee Cosmetics yang jadi tokoh utamanya. Keliatan kan? Hehe

b. Objek Pendukung
Kalau tadi ada tokoh utama, nah objek pendukung ini bisa dibilang sebagai figuran. Fungsinya hanya sebagai pelengkap supaya foto kita terlihat lebih berisi, lebih cantik, atau bisa dibilang properti foto.

Properti foto atau objek pendukung ini bisa bunga-bungaan, batu, kayu, potongan kertas,batu, sisir, majalah, atau apapun yang ada di sekitar kita. Yass apa sajaaa.

FLAT LAY PHOTO
source : galeri fotonya rahma

Di foto itu, Rahma menggunakan batu sebagai properti foto. Coba bayangin gaes, batu.. hal yang mungkin sepele kita lihat bisa jadi properti foto yang cantik banget. Kuncinya adalah "seksi". Menurut Rahma, semua benda di sekitar kita banyak dan lengkap, jadi kita harus bisa menemukan sisi seksi dari benda-benda di sekeliling kita.

c. Alas Foto
Alas foto bisa macam-macam. Bisa kain bulu, bahkan sampai white board lembaran juga bisa, itu yang dipakai oleh Rahma. Bisa juga pakai kertas kokoru, kain velvet, suede, dan lain-lain asalkan bersih.
Kuncinya adalah manfaatkan semua barang yang ada di rumah dan temukan titik seksinya ada dimana.

4. Eksekusi  
Dalam menata objek flat lay tergantung dari selera masing-masing. Ada yang suka flat lay nya ramai, ada juga yang suka sepi atau yang sedang. Kembali ke selera si pemilik foto. Yang penting kita perbanyak referensi, bisa dari pinterest atau lainnya.

Rahma paling suka kalau di foto nya ada unsur kombinasi warna hijau , putih, dan kuning. Menurut Rahma warna-warna itu adalah dia banget dan buat fotonya terlihat hidup. 

Mengatur Posisi
Sesuai dengan judulnya, Flat Lay, berarti fotonya memilik angle yang datar. Foto bisa diambil dengan menggunakan tangan atau tripod.

Saat mengambil gambar, usahakan posisi kamera ga kena silaunya matahari, supaya saat diedit ga terlalu cerah sehingga tulisannya ga terbaca.

5. Editing
Rahma biasanya mengedit foto dengan menggunakan aplikasi Photoscape. Tutorial lengkap cara Rahma edit foto pernah di share disini. Atau Rahma mengikuti cara edit di artikel ini. Jangan lupa untuk kasi watermark. Biar ga gampang diakuin orang fotonya. LOL.

Rahma merekomendasikan beberapa aplikasi untuk editing foto di hp, yaitu : aviary, snapseed, pictsart, vsco, dan facetoon.

Kira-kira itu yang aku bisa sharing dari hasil Ngopi Cantik BeautieSquad #1, mudah-mudahan bermanfaat dan bisa kita praktekan.

Makasi banyak Rahma untuk ilmunya, semoga bisa menjadi amal zariah ya Rahma. Oiya, aku juga pernah ikutan workshop tentang fotografi oleh senior photographer majalah Femina bersama dengan Indonesian Female Bloggers dan Covermark yang aku share disini , semoga bermanfaat juga ya girls.


find me on:
instagram : @arianirosidi
youtube : Hai Ariani
FB Page : Hai Ariani
email : ayarosidi@gmail.com

No comments :

Post a comment

Back to Top