Friday 8 September 2023

KALAU PRODUK BRAND LOKAL MEYAKINKAN, KENAPA HARUS RAGU?

 KALAU PRODUK BRAND LOKAL LEBIH MEYAKINKAN, KENAPA HARUS PILIH BRAND LUAR?

Dear me


2023 ini kita harus jadi konsumen yang cerdas. Enggak bisa tuh nelen mentah-mentah info yang kita dapat dari sosial media. Mulai dari pencatutan nomor BPOM, produk yang over claim, sampai yang terakhir heboh banget masalah sunscreen dengan SPF palsu. Wajar banget kan kalau aku jadi semakin sangat pemilih kalau urusan skincare?
Ada beberapa hal yang aku lakukan sebelum aku memutuskan untuk memilih sebuah produk kecantikan khususnya skincare sebelum aku memutuskan untuk memakai suatu produk dan ngomong dalam hati "nah, aku yakin nih untuk pakai produk ini".

Pertama, aku harus cek kebenaran dari nomor BPOM yang tertera pada produknya. Jadi, aku cek kembali nomor BPOM nya di situs BPOMbener enggak tuh nomor BPOM-nya punya produk tersebut. Kedua, aku harus tahu brand-nya dari mana. Itu bisa di cek melalui website PDKI dan untuk make sure lagi biasanya aku cek lagi di global brand database. Ketiga, aku selalu cek apakah skincare tersebut sudah teruji atau belum untuk lebih meyakinkan lagi validitas klaim dari produknya dan keamanan produk tersebut.

Skincare lokal sekarang sudah banyak loh yang terbuka dengan hasil uji lab dari produknya. Contohnya salah satu sunscreen yang jadi favorite aku banget, True to Skin Sunfriend Soothing Sunscreen Gel SPF 50 PA++++.

TRUE TO SKIN SUNSCREEN


True to Skin adalah salah satu brand local yang sunscreen-nya sudah teruji secara in vivo dan in vitro sehingga aku nyaman dan tenang banget memakai sunscreen ini.

Apa sih uji in vivo dan in vitro itu?

"In vitro" berasal dari bahasa latin yang artinya "dalam gelas". Uji in vitro dilakukan di laboratorium dengan menggunakan bagian dari organisme dalam wadah untuk dijadikan bahan uji dari suatu produk. Sedangkan in vivo, berasal dari bahasa latin yang artinya "di dalam sesuatu yang hidup". Jadi, uji in vivo dilakukan dengan melibatkan makhluk hidup, bisa manusia, hewan, atau tanaman.


skinproof


Salah satu perusahaan terpercaya yang melakukan evaluasi produk adalah SKINPROOF. SKINPROOF adalah anak perusahaan Arya Noble yang bergerak di bidang evaluasi produk kosmetik dan riset konsumen. SKINPROOF sejak 2017 sudah dipercaya oleh berbagai perusahaan kosmetik ternama untuk membantu pelaku usaha cosmetic dari mulai proses product development, cost reduction, identifikasi keunikan produk, benchmarking dengan produk sejenis atau kompetitor, sampai respon konsumen untuk mengembangkan produk yang terbaik yang aman dan sesuai regulasi.

SKINPROOF



Kalau SKINPROOF sudah turun tangan dalam menguji sebuah produk, bisa aku bilang aku akan yakin menggunakan produk tersebut karena sudah bisa dipastikan skincare yang diproduksi terjamin keamanannya dan sesuai dengan klaimnya.

Selain sunscreen True to Skin ada salah satu produk lokal yang aku suka banget juga, bahkan aku sudah menghabiskan kurang lebih 3 jar, yaitu Dear Me Beauty Meltaway Balm. Cleansing balm Dear Me juga salah satu produk yang sudah teruji pleh SKINPROOF. Sebagai beauty content creator aku sering banget menggunakan makeup. Karena itu, cleansing menjadi salah satu tahapan skincare yang penting banget buat aku.
 
dear me

 

Kunci dari kulit yang sehat adalah kulit yang tuntas dibersihkan. Percuma saja kita pakai macam-macam serum kalau tahap cleansingnya enggak tuntas a.k.a kulitnya kotor. Makanya aku selalu bilang, “double cleansing itu penting banget kalau kamu menggunakan makeup”. Dulu aku pernah jerawatan karena lalai dalam membersihkan wajah. Makanya aku kapok dan sangat memperhatikan tahapan cleansing dalam pemakaian skincare.

Dear Me Meltaway Balm ini teksturnya balm yang akan berubah menjadi oily ketika terkena panas tangan kita. Dia mudah banget menghapus makeup bahkan mascara waterproof sekalipun. Memiliki aroma buah blue berry yang segar banget. Rasanya kayak pengen dimakan. LOL.

DEAR ME CLEANSING BALM



Cleansing balm Dear Me ini juga mudah dibilas dan enggak meninggalkan residu sama sekali. Kulit jadi super bersih tapi tetap lembap, enggak bikin kulit kering sama sekali.

Overall aku selalu puas dengan produk-produk yang teruji oleh SKINPROOF. Selain kedua produk tersebut masih banyak lagi produk skincare by SKINPROOF, seperti ERHA Perfect Shield, Somethinc Calm Down, Wardah Perfect Bright Moisturizer, dll.

Aku sangat menganjurkan kamu untuk cek apakah skincare yang kamu pakai sudah teruji aman digunakan atau enggak karena penting banget gaes untuk tahu keamanan dan produk yang kita pakai sesuai dengan klaimnya atau enggak. Mengingat produk-produk kecantikan banyak banget peminatnya dan Indonesia adalah negara dengan potensial customers yang tinggi, kita harus lebih cerdas dalam memilih produk skincare yang akan kita gunakan. 

Kalau kamu kepo sama SKINPROOF, kamu bisa cek instagram dan websitenya ygy.

Sekian dulu sharing dari aku hari ini. Terima kasih sudah membaca sampai akhir. It means a lot buat aku.


 

No comments :

Post a Comment

Back to Top