Sunday 23 September 2018

7 KIAT MEMULAI BISNIS YANG SUKSES ALA FUTRI ZULYA

7 KIAT MEMULAI BISNIS SUKSES ALA FUTRI ZULYA

MEMULAI BISNIS YANG SUKSES


Hai Gengs.. Assalamualaikum..

Tiga hari lalu, Kamis, 20 September 2018, aku berkesempatan untuk hadir di acara Woman Talk yang diadakan di Kemang, yaitu kantor PT Batin Medika Indonesia.

Ini kedua kalinya aku berkunjung ke kantor PT BMI setelah beberapa minggu lalu aku mampir untuk menghadiri acara Z Glow, Z Beauty Gathering.

Kalau teman-teman lihat instagram aku, pada hari acara berlangsung Woman Talk ini, aku posting foto bersama Ibu Futri di instagram aku, dan berjanji untuk share ilmu yang beliau sampaikan di blog aku. Jadi, kali ini aku akan tunaikan janji aku. HAHA.


Untuk teman-teman yang belum tahu, Ibu Futri Zulya adalah wanita yang menjalani bisnis, salah satunya bisnis kecantikan, yaitu Z Glow, klinik kecantikan;dan Z Beauty, aplikasi yang memudahkan kita untuk melakukan home beauty treatment di rumah. Selain bisnis kecantikan, beliau juga menjalani bisnis di bidang kitchenwear, dan sekolah montessori.

Dengan kesuksesan yang beliau raih saat ini dalam dunia bisnis, kali ini Ibu Futri memberikan ilmu tentang how to start your business.


Wanita Punya Peluang Besar di Dunia Bisnis

Menurut Ibu Futri, perempuan memiliki kelebihan dibandingkan dengan laki-laki. Contohnya, wanita bisa melakukan multitasking atau melakukan beberapa pekerjaan dalam satu waktu, selain itu biasanya perempuan lebih pintar untuk mengelola keuangan.

Dengan kelebihan itulah, perempuan bisa menjadi womanpreneur. Saat ini, teknologi semakin maju, sehingga banyak pekerjaan bisa dilakukan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Jadi, perempuan dapat memiliki penghasilan dari bisnis yang dilakukan di rumah. Hal itu adalah peluang baik untuk perempuan dalam menjalani bisnis, tanpa perlu meninggalkan rumah sehingga masih tetap bisa mengurus keluarganya sendiri. Contoh bisnis yang bisa dikerjakan di rumah antara lain, online shop; menjadi professional di rumahnya, seperti dokter, makeup artist, design interior; atau menjadi investor, dan lain-lain.

Dengan menjadi womanpreneur banyak manfaatnya, seperti bisa memiliki jam kerja yang fleksibel, menjadi bos untuk diri sendiri, membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain, menjadikan kita semakin kreatif, memiliki penghasilan sendiri, dan dapat menyalurkan bakat serta media untuk pengembangan diri.

Lalu bagaimana cara memulainya? Bagaimana cara menentukan bisnis apa yang akan kita jalani?

Kiat Memulai Bisnis

Untuk menjadi womanpreneur, ada kiat-kiat dari Ibu Futri supaya bisnis yang kita jalankan berjalan lancar.

1. Tentukan Passion
Tanyakan diri kita, "Apa sih peluang bisnis yang benar-benar kita sukai?".  Passion menjadi hal penting dalam memulai bisnis karena akan sangat menyenangkan menjalani bisnis yang memang kita sukai. Misalkan cinta dengan dunia kecantikan, maka kita buatlah bisnis yang bergerak di bidang kecantikan. Selain itu, menurut Ibu Futri sebaiknya kita tidak sekedar mengikuti trend dalam bisnis supaya bisnis kita dapat bertahan lama.

Setelah passion, selanjutnya kita melakukan riset mengenai bagaimana memulainya. Banyak sumber untuk riset kita gengs, seperti internet dan juga networking, selain itu juga melalui buku -buku start up business.

2. Buat Support System Yang Terbaik
Menurut Ibu Futri, support system ini akan menentukan kesukseskan kita. Siapa saja yang termasuk dalam support system kita? Suami, anak, keluarga, termasuk asisten rumah tangga. Jadi dukungan suami, anak, dan seluruh keluarga itu penting untuk membantuk kesukesan bisnis. Selain itu, pilihlah asisten rumah tangga yang cocok dengan kita sehingga ia bisa menjadi support system kita juga.

3. Realistis Dalam Menentukan Target
Banyak bisnis yang tidak berjalan lama karena target bisnisnya tidak masuk akal. Bisnis yang baik bukan hanya bisnis yang cepat berkembang tapi juga sustainable in the future.

4. Business Planning and Do Research
Buat analisis tentang strengths, weakness, opportunities, dan threats bisnis kita. Sumbernya macam-macam, internet salah satunya. Selain itu juga konsultasi dengan keluarga atau rekan yang sudah memulai bisnis.

5. Execute!
Ibu Futri mengatakan bahwa sebaik-baiknya perencanaan adalah hanya sebuah angan-angan kalau tidak dilakukan. Jadi setelah kita membuat rencana dan melakukan riset, langsung mulai bisnis yang akan kita jalani.

Mungkin sebagian dari kita akan bertanya, "Gimana mau mulai, modalnya aja enggak ada.". Menurut Ibu Futri, ada banyak cara untuk mendapatkan modal. Salah satunya dengan cara beliau, yaitu menabung untuk mengumpulkan modal bisnis. Atau, kita bisa menjual aset seperti emas. Kalau kita sayang menjual aset, kita bisa gadaikan.

Cara lain yaitu dengan meminjam dengan keluarga, atau dengan mencari investor.

6. Terus Berinovasi dan Ikuti Trend Pasar
Bisnis yang long lasting adalah bisnis yang mengikuti kebutuhan pasar. Di zaman sekarang, kondisinya benar-benar berbeda dengan dulu. Semua serba dimudahkan dengan teknologi. Contoh, dulu kita harus belanja ke pasar atau supermarket, saat ini sudah ada aplikasi yang membuat kita tinggal memesan kebutuhan sehari-hari melalui gadget dan tinggal duduk manis menunggu pesanan kita datang. Jadi, jangan sampai bisnis yang kita jalani stuck pada suatu kondisi dan tidak mengikuti perkembangan.

7. Cerdas Mengelola Keuangan
Keuangan yang sehat juga salah satu kunci dalam kesuksesan bisnis. Kita perlu tahu secara jelas apakah kita rugi atau untung. Kalau untung, untungnya berapa.

Salah satu yang membuat keuangan bisnis menjadi tidak jelas adalah penggunaan uang bisnis untuk kebutuhan rumah tangga atau pribadi. Kalau itu dilakukan, semakin lama keuangannya menjadi tidak jelas dan kita tidak bisa menjawab sebenarnya bisnis yang dijalani ini untung atau rugi.

Selain memisahkan keuangan bisnis dan pribadi, kita juga harus cerdas membagi prioritas dalam menyalurkan uang. Salah satu caranya adalah dengan menyadari tentang kebutuhan dan keinginan. Selain itu pintar-pintar dalam menabung. Pisahkan langsung pos-pos untuk menabung, kebutuhan sehari-hari, dana darurat, dan juga dana "senang-senang". Satu hal lagi yang tidak kalah penting, sedekah. 

MEMULAI BISNIS YANG SUKSES ALA FUTRI ZULYA


Segitu dulu gengs yang bisa aku share tentang ilmu yang diberikan oleh ibu Futri Zulya. Mudah-mudahan bermanfaat untuk kita-kita yang saat ini menjalani bisnis atau akan memulai bisnis.



find me on:
instagram: @arianirosidi
youtube: Hai Ariani
FB Page: Hai Ariani
email:  ayarosidi@gmail.com

4 comments :

  1. Realistis supaya bisnis tetap berjalan selalu ke depan, ya.

    ReplyDelete
  2. Wah makasih ka udh bagi tips yang kakak dapat. Emang bener banget sih tips nya. Bermanfaat bgt, semoga bisa berguna kelak.

    etherealpotato

    ReplyDelete
  3. Membangun sebuah bisnis memang tidak mudah ya.. tips nya berguna sekali ini

    ReplyDelete
  4. Poin 5 !
    Execute

    Kayak kata bob sadino.
    Usaha , usaha apa yang bagus?
    Usaha yang dimulai.
    Bukan cuma direncanain.
    wkwkwk

    ReplyDelete

Back to Top