Wednesday 31 May 2017

GROW YOUR YOUTUBE CHANNEL NOW

GROW YOUR YOUTUBE CHANNEL NOW

 
cara membuat konten youtube

Hai.. Assalamualaikum gengs..

Hari pertama puasa kemarin, tepatnya hari Sabtu, tanggal 27 Mei 2017, aku beruntung banget karena bisa hadir di acara workshop yang diadakan oleh Indonesian Female Bloggers di Best Western Premiere The Hive tentang bagaimana cara mengembangkan Youtube Channel kita. Workshop kali ini juga didukung oleh NYX Indonesia.
Buat aku, ilmu ini sangat bermanfaat karena mengingat aku pemula banget di dunia per-Youtube-an, aku masih perlu banyak belajar gimana caranya membuat konten Youtube Channel yang menarik.

Pemateri dari workshop kali ini adalah Bunda Yonna Kairupan, seorang content creator yang memiliki subscriber Youtube sekitar 7.8k subscribers, Beauty dan SFX MUA, dan juga founder Indonesian Female Bloggers dan Indonesian Female Vloggers.

Sebelum memberikan materi, Bunda Yonna bertanya ke semua peserta workshop alasan kenapa kita membuat Youtube Channel. Kalau aku secara personal, membuat Youtube Channel niatnya 100% niat tulus untuk sharing apa yang aku tau tentang makeup, makanya aku mendedikasikan diri aku sekarang menjadi beauty content creator selain dari blog ini, salah satunya juga dengan Youtube Channel aku.



Tapi, Bunda Yonna ternyata punya alasan yang lebih menarik tentang kenapa kita harus punya Youtube Channel, yaitu :
1. Hidup cuma satu kali
Bunda Yonna cerita bahwa beliau pernah berkunjung ke Paris, dan sangat menyesal kenapa ga nge-vlog karena banyak banget hal-hal yang ia temui di Paris yang bisa di share ke banyak orang di Youtube.

2. Networking
Dengan menjadi content creator, melalui youtube channel yang kita punya, kita bisa membangun networking yang belum tentu bisa terjalin kalau kita ga punya Youtube Channel. Misalnya, kita bisa ketemu dengan berbagai vlogger dari berbagai daerah bahkan dari luar negeri, selain itu kita juga bisa kenal dengan orang-orang di Google. Dengan terbentuknya networking yang luas, maka akan mendatangkan hal posititf dalam hidup kita.

3. Skill bertambah
Yes.. iya banget ini mah.. aku juga merasakan. Kalau ga buat youtube channel, sampai detik ini mungkin aku ga bisa mengoperasikan yang namanya Adobe Premiere Pro, walaupun masih dasar banget dan ga jago-jago amat, LOL. Terus aku juga bisa belajar berbicara di kamera secara langsung. Itu salah satu pertambahan skill yang aku rasakan.
4. Money, money, money
Kalau kita memiliki Youtube Channel, terus kita menjadi Youtube Partner, google ads berjalan di Youtube kita, insyaAllah akan mendatangkan pundi-pundi yang menguntungkan buat kita. Bunda Yonna sudah sering mencairkan dana hasil kerja kerasnya melalui Youtube. Bunda Yonna bilang "enak banget.. bayangin aku bisa dapat uang jajan dari Youtube tiap bulan minimal USD 100". Seru yah. Haha.
5. Tough
Ini aku juga merasakan. Kita semakin tangguh dalam menghadapi cobaan hidup. LOL. Tapi bener loh, salah satunya adalah dengan tangguhnya hati aku melihat ada dislike atau negative comment  di Youtube aku.  Tapi dengan adanya hal-hal yang negatif itu, jangan pernah buat kita patah semangat dalam berkarya. Anggap aja negative comment itu merupakan sebuah masukan jadi kita bisa semakin besar nantinya.

Alasan Banyak Orang Untuk Tidak Membuat Youtube Channel

Ada banyak orang yang ga mau membuat Youtube Channel. Bunda Yonna sudah merangkum alasan-alasan kebanyakan orang yang ga mau membuat youtube channel sekaligus membuktikan bahwa alasan-alasan tersebut tidak benar:

1. What's stopping you?
Sudah banyak youtuber.
Fact :
ada 3-5 milyar orang yang mengakses internet. Berarti masih jauh lebih banyak jumlah orang yang online tapi ga punya youtube channel daripada orang yang mempunyai youtube channel.
2. What's stopping you?
Nggak punya uang.
Fact : untuk membuat youtube channel cuma diperlukan akun Youtube (ini mah gampang banget buatnya kan ya, kalau sudah punya akun gmail, otomatis udah punya akun youtube. hihi) dan smartphone. Akses internet udah dimana-mana.

Kita bisa membuat konten Youtube dengan kamera di hp. Youtuber-youtuber yang saat ini sukses pun ada juga yang mengawali Youtube Channel nya dengan kamera hp. Kebukti kan kalau mereka bisa sukses. Ga perlu mikir harus punya kamera bagus, ring light, dan lain-lain yang langsung bikin jiper karena mahal. Kamu bisa mengganti ring light dengan cahaya matahari, itu cahaya paling the best gengs. Ataupun kalau video pertama kamu gelap, percayalah, bakalan ada juga kok yang nonton.

Bunda Yonna cerita, video pertamanya memiliki kualitas yang jelek, tapi yang nonton udah buanyak banget. Udah 44k viewers.

3. What's stopping you?
Ga bakat jadi youtuber.
Fact :
Jadi youtuber itu ga butuh bakat. Kamu cuma butuh originalitas dan value dari content kamu.

4. What's stopping you?
Ga ada waktu
Fact :
untuk membuat video cuma butuh waktu beberapa jam aja dalam seminggu. Bayangin, kita punya 168 jam seminggu. Yang kita butuhkan cuma sedikit dari 168 jam itu gengs.

5. What's stopping you?
 Ga punya koneksi
Fact:
Ga perlu koneksi untuk bikin video youtube. It's just all about social media and contact
6. What's stopping you?
Ide gua udah ada yang lakuin
Fact:
Dengan banyaknya konten yang serupa dengan konten yang kamu mau buat, itu artinya konten kamu itu memiliki pasarnya sendiri. Jadi justru itu lah peluang kamu untuk bikin konten di youtube channel kamu.

cara buat youtube channel

 Kalau kita sudah punya niat untuk bikin Youtube Channel, selanjutnya..

Ok gengs, kita udah niat nih bikin Youtube Channel. Terus kira-kira apa yang harus kita lakukan supaya Youtube Channel kita punya engagement dengan banyak orang. Menurut Bunda Yonna, ada beberapa yang perlu kita perhatikan sebelum membuat konten di youtube channel, yaitu :

1. Pikirkan kenapa kamu mau membuat Youtube Channel
Ini memang benar-benar harus dipikirkan gengs, karena tujuan awal kita membuat akun  Youtube akan mempengaruhi bagaimana cara kita membuat konten di Youtube.

2. Tentukan apa yang ingin dicapai dengan Youtube Channel kita nanti
Bunda Yonna memberikan contoh, Najmah, anak beliau yang saat ini kelas 4 SD, punya tujuan untuk menjadi terkenal dengan Youtube Channel nya. Najmah mau, kalau dia lagi jalan-jalan di mall, orang-orang kenal dengan Najmah. Sesederhana itu tujuannya, tapi Najmah yang masih kecil sudah tau apa tujuan yang mau dia capai dengan Youtube nya. 

3. Pikirkan apa keuntungan yang ingin kamu capai

START NOW !

Kalau sudah mantap dengan youtube channel yang mau kita buat, buat sekarang, jangan ditunda lagi gengs. Tapi, jangan asal membuat youtube channel. Kita tentunya mau dong Youtube Channel kita punya manfaat untuk orang lain, bukan cuma sekedar sensasi. Berikut hal-hal yang harus kita ketahui untuk membuat youtube channel yang bermanfaat :

1. Know your self
Ketahui dulu apa kelebihan dan kekurangan kamu. Apakan kekurangan kamu itu benar-benar menjadi kekurangan kamu? Cari solusi atas weakness yang kamu miliki sehingga tidak menjadi hambatan dalam membuat konten di youtube channel kamu.

2. Tentukan niche dari youtube channel kamu.
Sebisa mungkin sempitkan niche dari youtube channel kamu. Kesalahan terbesar dalam Youtube adalah terlalu general dan ga jelas niche nya apa.

3.  Tentukan nilai dari konten Youtube channel kamu.
Is it informational ? inspirational? Educational? Motivation? atau entertanining?

4.  Hindari menjadi analyst dan perfectionist. Analyst, maksudnya kamu cuma jadi orang yang menganalisis youtube channel orang lain. Jangan jadi si perfectionist, mulailah walaupun kualitas video kamu ga sempurna.
Do it by yourself. Kalau youtuber-youtuber yang sudah besar, biasanya memang punya tim untuk meng-edit video mereka. Tapi kalau kita, yang masih baru mulai, pasti mengerjakan semuanya sendiri. Memang harus belajar, misalnya belajar edit video.  Jangan ketergantungan dengan siapapun dalam memproduksi video kita.

5. Youtube search
Youtube saat ini menjadi search engine nomor dua setelah google. Cari tahu apa yang orang lain ingin tahu, lalu buat itu menjadi konten dalam youtube channel kamu.

6. Konsisten
Konsisten dalam membuat konten youtube channel. Misalnya, konsisten posting minimal 1 video dalam seminggu.

7. Ready for haters
Contoh dari haters itu macam-macam, bahkan dislike dan negative comments juga termasuk didalamnya. Yang penting kita tetap terus berkarya.

8.Hustle more
 Share video kamu di seluruh sosial media yang kamu punya

salah satu peserta workshop praktek mereview di youtube
Selain mendengarkan materi dari Bunda Yonna, beberapa peserta workshop berkesempatan untuk langsung memraktekan ilmu dari Bunda Yonna.

Ada satu hal yang Bunda Yonna selalu bilang saat workshop kemarin, "Gw punya anak 4, gw disibukan dengan kegiatan makeup, gw udah 40 tahun. Kalau gw aja bisa, apalagi lo yang masih pada muda-muda, belum punya 4 anak?"

Aku jadi terpecut denger semangat dari Bunda Yonna. Emang BunYon ini selalu kasi semangat ke orang-orang. That's the reason why aku ngepens sama doi. Haha.

Girls, subscribe youtube channel aku ya.. ini link nya.. www.youtube.com/c/haiariani . Hatur nuhun girls.

Aku seneng banget ikutan workshop ini, insyaAllah ilmunya sangat sangat bermanfaat buat aku. Terimakasih Indonesian Female Blogger, Indonesian Female Vlogger, Best Western Premiere The Hive, dan NYX Indonesia.

Segitu yang bisa aku share sekarang girls, mudah-mudahan bermanfaat.

youtube


Best Western Premier The Hive
Jl DI Panjaitan Kav 3-4, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13340
021-29821888
instagram : @bwpthehive
Facebook : Best Western Premiere The Hive
twitter : @bwpthehive

find me on:
instagram : @arianirosidi
FB Page : Hai Ariani 
email : ayarosidi@gmail.com


15 comments :

  1. ini informatif banget postingannya.
    aku sendiri buat youtube channel baru seminggu yang lalu.
    alesannya karena aku suka make up, aku suka ngomong dan ga ada yg di sekitar yg tertarik sama make up yg bisa di ajak ngomong jd ngomong depan kamera aja Xp.

    http://kireinoclouds2.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaa.. iya mbaa.. aku juga suka makeup.. sukses ya mba youtube channel nyaa.. :)

      Delete
  2. bener banget nih kalo hidup cuma sekali. gw juga nyesel nggak dari dulu bikinnya pas jaman2 gw masih suka jalan2. hehehe

    ReplyDelete
  3. Aku sudah subscribe yaaa :)

    ReplyDelete
  4. Sama aya. gw juga terbakar api biar makin pemes dan rajin isi konten XD #HaluAjaDulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaaa.. iya bule. aku juga nih.. sama sama halu aja dulu.. hahaha

      Delete
  5. Seru banget sharingnya Ayaaa... kalo menurutku yang namanya Blog dan Vlog itu lebih effort Vlog yaa...terutama bagian editing ! haha apalagi macam aku yang gaptek, emang mesti punya niat baja untuk belajar yaahh... hehe Aya mah content Youtube nya udah oke bangeet ! :)

    www.inkaparamita.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga emak gaptek,, ya Allah.. awalnya mau nangis gara-gara pusing edit video.. haha

      makasi banyak inka..perlu banyak masukan ini tentang youtube channel aku. haha

      Delete
  6. Kak ayaa,, aku si perfectionist yg mai video perfect bikin males ngedit krn kemampuan yg terbatas. Huhu.. Dan kurang konsistenn.. Ahh, makasih lho kak aya sharingnyaa, kudu diterapin nih..
    <3

    Lia,
    www.liamelqha.com

    ReplyDelete
  7. artikel yg sangat bermanfaat.. jadi pengen memaksimalkan akun youtube ane..

    ReplyDelete
  8. Makasih udah share infonya Kak Aya...^^

    Www.florensiasella.com

    ReplyDelete
  9. Wih asyik ya acaranya bs belajar banyak juga. Bener youtube tuh skrg lg happening banget. Tapi aku masih nyaman nulis di belakang layar di blog :(

    www.akpertiwi.com

    ReplyDelete

Back to Top