Tuesday 12 December 2017

MAAT GOLDEN RATIO SEARCH , KETIKA WAJAH CANTIK DIUKUR DENGAN ANGKA

MAAT GOLDEN RATIO SEARCH , KETIKA WAJAH CANTIK DIUKUR DENGAN ANGKA

wajah proporsional

Hai.. Assalamualaikum gengs..

Pernah coba mendefinisikan kata "cantik"? Sebenernya cantik itu yang seperti apa sih? Menurut si A cantik, belum tentu menurut si B juga cantik. Ada ga sih standar seseorang supaya bisa dibilang cantik?

Kalau cantik secara kasat mata, memang tiap selera orang beda-beda ya gengs. Itulah kenapa standar cantik itu bisa berbeda-beda. Tapi, kalau dikatakan cantik secara proporsional, ternyata ada hitungannya gengs.

Bulan Juli-November 2017 kemarin, dilakukan ajang pencarian wajah terproporsional, yaitu MAAT Golden Ratio Search yang diadakan oleh Merz. Merz merupakan perusahaan international independen yang menyediakan perawatan kecantikan dan neurotoksin serta memiliki kemampuan pengembangan dan penelitian tersendiri. 

MAAT Golden Ratio Search merupakan pencarian wajah proporsional se-Asia pertama dan dilakukan di sebelas negara Asia Pasifik, yaitu Australia, Hong Kong, India, Korea, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thaiwan, Thailand, dan Vietnam.

Maat Golden Ratio Search ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman tentang proporsi dan daya tarik wajah kepada wanita Asia dan juga bagian dari ajang peluncuran pedoman medis pertama yang akan diadakan pada Pertemuan Tahunan ke-38 International Society for Dermatological Surgery (ISDS) di Bangkok pada bulan November 2017 dan dalam rangka mengaplikasikan sains dalam dunia kecantikan.

WAJAH PROPORSIONAL
Hasen Ghandi, Marketing Manager Merz Indonesia


Menurut Hasen Ghandi, Marketing Manager Merz IndonesiaMatte Golden Ratio Search menggunakan ilmu pengukuran dan memberikan pemahaman bahwa bentuk wajah proporsional merupakan bagian dari kecantikan. Wanita yang memahami proporsi dan bentuk wajahnya akan mampu menyesuaikan penampilan sehingga cocok dengan diri sendiri dan mampu tampil percaya diri.

Matte Golden Ratio Search diikuti oleh 38 partisipan dari Indonesia dengan usia 21-58 tahun. Kalau ditotal dengan seluruh partisipan seluruh negara yang berpartisipasi, seluruhnya ada 3000 partisipan dengan rentang usia 21-64 tahun.

Dalam Maat Golden Ratio Search, proporsi wajah yang digunakan untuk penilaian adalah sebagai berikut :

WAJAH PROPORSIONAL
Wajah peserta diukur berdasarkan golden ratio (proporsi panjang dan lebar wajah), proporsi horisontal wajah, dan proporsi simetri wajah untuk menemukan wajah yang paling proporsional. Hasil yang diperoleh adalah wajah yang dinilai paling proporsional adalah wajah dengan bentuk oval.

Dari Indonesia, akhirnya terpilihlah Mitania Hendayani (32 th) atau yang lebih akrab dengan panggilan Miya.

MITANIA HENDAYANI
Mitania Hendayani

Menurut dr. Kevin Maharis, salah satu juri dalam MAAT Golden Ratio Search, wajah Miya memiliki nilai perbandingan yang proporsional apabila dilakukan pengukuran.

wajah proporsional

Selain Miya dari Indonesia, MAAT Golden Ratio Search juga mendapatkan perwakilan wajah paling proporsional dari negara-negara lain yaitu:

WAJAH PROPORSIONAL
Michelle Lai dari Hong Kong, Noorin Sha dari India, Jimyeong Jeong dari South Korea.

WAJAH PROPORSIONAL
Salini Muniandy dari Malaysia, Tricia May Duncan dari Filipina, Nurun Nisha M Heallmy dari Singapura, Wendy Tzu-Wen Hsu dari Taiwan, Panida Paopongrattanachai dari Thailand, dan NguyunThi Phuong Tuyet dari Vietnam. 

Miya mengatakan bahwa dalam ajang pencarian  MAAT Golden Ratio Search ia mengikuti beberapa rangkaian perhitungan, mulai dari proporsi bentuk wajah dan bentuk estetikanya, dan akhirnya ia berhasil terpilih menjadi wanita Indonesia yang memiliki wajah cantik proporsional. Selain itu, Miya juga mengatakan bahwa ia juga dinyatakan memenuhi syarat utama dalam mengikuti ajang MAAT Golden Ratio, yaitu belum pernah melakukan perawatan wajah khusus kecantikan seperti filler , botulinum toxin, maupun operasi plastik.

Waktu ngobrol-ngobrol santai dengan Miya diakhir acara, aku sempat menanyakan tentang kebiasaan-kebiasaan apa yang sering Miya lakukan sehingga bisa memperoleh wajah yang proporsional. Miya mengaku ga ada perawatan wajah khusus, hanya melakukan senam wajah. Miya bilang ia sangat senang bisa menjadi perwakilan dari Indonesia. 

WAJAH PROPORSIONAL
Affi Assegaf


Sebenarnya, seberapa penting sih buat kita mengetahui proporsi wajah kita? Nah, menurut Mba Affi Assegaf, pakar kecantikan dan juga juri dalam ajang MAAT Golden Ratio Search, penting bagi seorang pasien untuk mengetahui dan mengerti bentuk wajah yang proporsional, sehingga bisa terjadi diskusi yang baik antara kita sebagai wanita yang terkadang memiliki ekspektasi sendiri dan juga saran dari dokter kecantikan yang akan memberikan perawatan untuk mencapai hasil yang terbaik. Selain itu, dengan adanya pedoman medis terbaru dan pertama dari Merz juga akan dapat membantu wanita-wanita Indonesia untuk mendapatkan bentuk wajah yang proposional, sehingga dapat lebih tampil percaya diri.

Gimana gengs mau coba ukur seberapa proporsional wajah kamu? Kalau buat aku pribadi, wajah yang proporsional itu penting gengs. Tapi terus terang, wajah aku termasuk yang ga terlalu oval tapi ga bulat juga. Nah, supaya wajah aku mendekati proporsional, aku menggunakan teknik makeup contouring. Haha.

Menurut dr Kevin, pengukuran Golden Ratio ini bisa digunakan dalam mempraktekan teknik makeup contouring.Hihi.



Segitu dulu gengs yang bisa aku share tentang MAAT Golden Ratio Search. Semoga bermanfaat gengs. Kalau tahun depan ada lagi, coba ikut ya gengs. Hihi


find me on:
instagram : @arianirosidi
Youtube : Hai Ariani
FB Page : Hai Ariani
email : ayarosidi@gmail.com

1 comment :

  1. Btw yang dari perwakilan Korea itu simetris banget mukanya kak <3

    makasiii artikelnya bermanfaat banget

    ReplyDelete

Back to Top