Friday 3 March 2017

CARA MUDAH MENGGUNAKAN BULU MATA PALSU UNTUK PEMULA

CARA MUDAH MENGGUNAKAN BULU MATA PALSU UNTUK PEMULA

SILVER SWAN

Hai..Assalamualaikum girls..

Bulu mata punya peran besar untuk menciptakan eye makeup yang lebih "bernyawa". Bayangin aja gimana hampanya EOTD tanpa bulu mata. Aku butuh bulu mata yang jauh lebih panjang dari bulu mata asli aku untuk menghidupkan eye makeup aku. FYI, bulu mata aku pendek banget. Selama ini, mascara yang aku pakai belum cukup untuk menyempurnakan eye makeup aku. Karena itulah, aku butuh banget bulu mata palsu.
Sekarang, aku mau berbagi tips gimana caranya memasang bulu mata palsu untuk pemula. Kenapa untuk pemula? Ya karena kalau yang udah lama berkecimpung di dunia makeup pasti udah jago pasang bulu mata palsu sendiri. Ga perlu baca blogpost yang kaya begini lagi. Hehe.

Ini tips versi aku, supaya gampang memasang bulu mata palsu sendiri, karena masang bulu mata palsu sendiri, lebih susah daripada masangin bulu mata palsu ke orang lain (menurut aku). 

1. Jepit bulu mata sebelum menggunakan bulu mata palsu
Dengan menjepit bulu mata terlebih dahulu, bulu mata asli kita lebih bisa menyatu dengan bulu mata palsu.

2. Ukur panjang bulu mata dengan mata kamu
Sebelum menempelkan bulu mata, pastikan panjang bulu mata sudah sesuai dengan bulu mata kamu. Kenapa harus diukur? Biar pas atuh. Hehe. Supaya bulu mata bisa menempel di tempat yang tepat dan ga kepanjangan. Dengan begitu kita nyaman pakai bulu mata palsunya. Kebayang ga kalau kita harus kondangan, harus makeup, terus bulu mata palsu yang nempel di mata kita itu rasanya menusuk mata. Jadi kita pastikan dulu kalau panjang bulu mata nya sudah sesuai dengan mata kita.

3. Potong bulu mata palsu kalau kepanjangan
Ukuran mata orang pasti beda-beda girls. Ga ada yang sama 100%. Itulah kenapa sangat wajar sekali kalau bulu mata yang kita punya, terkadang ukurannya ga pas. Kadang ada yang kepanjangan ada juga yang kependekan.
Kalau bulu matanya kependekan, menurut aku ini ga masalah. Kita cukup sesuaikan ujung bulu mata yang terluar dengan bagian luar mata kita. Mmm.. gimana bilangnya ya. Gampangnya, pastikan bagian terluar mata kita terkena bulu mata palsu.

Kalau bulu matanya kepanjangan kita bisa potong bulu mata kita, dibagian terdalamnya (dekat hidung). Jadi pastikan bagian luar bulu matanya aman. Kenapa yang dipotong bagian dalam? Karena bulu mata palsu biasanya dibuat dengan bentuk yang semakin melentik dan menebal, kalau kita potong bagian yang melentik dan menebal itu, bentuk bulu matanya jadi aneh girls.

4. Berikan lem bulu mata yang cukup, jangan terlalu banyak
Lem bulu mata memang hal yang sangat krusial dalam menempelkan bulu mata palsu ke mata kita. Kalau lemnya kurang, pasti bulu matanya ga mau nempel dengan baik. Tapi kalau kebanyakan , juga susah nempelnya girls. 

Setelah kita memberikan lem bulu mata yang cukup, tunggu sampai setengah kering , baru tempelkan bulu mata palsunya. Oiya girls, jangan meniup lem bulu matanya yah.. itu sangat tidak higienis. Bisa ada kemungkinan untuk terkena air liur.

5. Tempel bulu mata pada bagian tengah dulu
Ini sebenarnya optional. Ga harus menempelkan bagian tengah bulu mata dulu di mata kita. Tapi, akan lebih mudah, kalau kita tempelkan dulu bagian tengahnya. Yang penting bulu matanya ketempel dulu, kalau dirasa kurang ke kanan atau kurang ke kiri, kita tinggal geser sesuaikan posisinya girls.

6. Gunakan pinset untuk memudahkan memasang bulu mata palsu
Banyak yang suka tanya, "kamu pakai bulu mata pakai tangan atau pakai tweezer?", kalau aku personally kadang pakai tangan, kadang pakai tweezer , atau pinset biasa. Tapi kalau disuruh milih mana yang lebih gampang, lebih mudah pakai pinset biasa, karena lebih presisi. Sehingga, kita bisa dengan gampang menyentuh dan menggeser bulu mata palsu saat mau dipasang.

7. Pilih bulu mata palsu dengan kualitas baik
Dulu, waktu pertama kali aku belajar makeup, aku pikir semua bulu mata sama aja. Yang membedakan cuma bentuknya. Ternyata aku salah gengs. Kualitas bulu mata juga beda-beda. Yang paling kerasa banget adalah kelenturan dari tiap helai bulu matanya, dan kelenturan band atau tulang bulu mata palsu itu sendiri. Jadi, pastikan bulu mata yang kita gunakan itu ga kaku dan nyaman digunakan.

Salah satu brand bulu mata palsu yang aku rekomendasikan, yaitu Silver Swan. Silver Swan ini handmade lashes brand dari Indonesia girls. 

Packaging

Silver Swan lashes ini, packaging-nya elegan banget. Kotaknya berwarna putih dengan sedikit corak abstark. Sebagian dari kemasannya berupa plastik bening, sehingga kita bisa melihat bentuk bulu mata dan logo Silver Swan nya tanpa harus membuka kemasannya.

SILVER SWAN
bulu mata atas Silver Swan

Kalau kita buka kotaknya, terdapat kayu yang menjadi tempat ditempelkannya sepasang bulu mata dan lem bulu mata, yang terdapat logo Silver Swan. Dan di bawah logo Silver Swan ada tipe bulu mata Silver Swan yang kita miliki.

Kalau kita melihat ada tulisan R dan L pada kemasannya, itu berarti R = untuk bulu mata kanan (Right) dan L = bulu mata kiri (Left). Untuk pemula, ini sangat bermanfaat. Sehingga kita ga perlu bingung menentukan mana bulu mata kanan, mana bulu mata kiri.

SILVER SWAN
bulu mata bawah Silver Swan

Lem Bulu Mata Silver Swan

Seperti yang aku bilang sebelumnya, di dalam packaging Silver Swan ini terdapat lem bulu mata, sehingga kita ga perlu bingung untuk cari lem bulu mata lagi. Kualitas dari lem bulu mata Silver Swan menurut aku juara. Aku pakai bulu mata menggunakan lem Silver Swan selama kurang lebih 5 jam. Bulu mata aku masih menempel dengan sempurna, ga ada bagian yang terlepas sama sekali. Padahal itu sempat aku pakai waktu naik motor loh (pakai helm tertutup).

Walaupun lem bulu mata Silver Swan berwarna putih, ga usah khawatir akan membuat mata kita berwarna putih, karena kalau lem Silver Swan ini sudah kering, maka warna putihnya akan hilang. 

SILVER SWAN

Aku suka banget sama lem bulu mata dari Silver Swan ini. Namun, ada satu hal yang menurut aku akan baik sekali kalau di-upgrade, yaitu packagingnya. Packaging dari lem bulu mata Silver Swan bawaan dari bulu mata palsunya, terbuat dari tube kaca, dengan tutup yang dibuka tanpa ulir, sehingga kalau kita ingin membuka tube lem bulu mata tersebut kita membutuhkan tenaga supaya tutupnya terbuka. Selain itu, aplikatornya berbentuk seperti tangkai. Dengan bentuk seperti ini, aplikatornya terasa kurang fleksibel saat digunakan. Sehingga bisa terkena ujung-ujung jari kita.

Akan lebih baik, kalau kemasan lem bulu mata yang terdapat di dalam kotak Silver Swan ini berbentuk tube dengan ulir, dan dengan aplikator seperti kuas, atau kalau ingin packaging sederhana, bisa juga berbentuk seperti kemasan pasta gigi, dengan tutup ulir dan tinggal dipencet kalau mau mengeluarkan lem bulu matanya. 

Performa

Aku punya Bulu mata bagian atas tipe 140 Blanchard dan bulu mata bawah dengan tipe 306. Bulu mata Silver Swan terbuat dari human hair. Tiap helai dari bulu mata Silver Swan lashes ini terkesan alami, ga kaku , dan nyaman dipakai. Walaupun kita pakai bulu mata Silver Swan dengan jenis yang panjang sekalipun, seperti 140 Blanchard yang aku punya, kita ga akan terasa keberatan bulu mata. Selain itu, band Silver Swan lashesh ini lentur, nyaman banget untuk dipakai.

SILVER SWAN LASHES
bulu mata atas : Silver Swan 140 Blanchard. Bulumata bawah : No 306
Selama menggunakan bulu mata Silver Swan pada bagian atas dan bawah mata, aku sama sekali ga merasa terganggu, nyaman-nyaman aja. Karena seperti aku bilang tadi, baik band dan helaian bulu matanya benar-benar nyaman dipakai, ga kaku sama sekali.

Tapi bagi yang belum terbiasa dengan bulu mata palsu, tentu ada rasa yang berbeda saat kita pakai bulu mata palsu dan ga pakai bulu mata palsu. Jelas akan terasa jauh lebih nyaman kalau kita ga pakai bulu mata palsu. Di sini aku bicara tentang konteks kenyamanan dalam menggunakan bulu mata palsu ya girls.

Silver Swan sendiri punya banyak jenis bulu mata, dari jenis yang natural maupun yang bold dan dramatis. Selain itu juga ada pilihan untuk bulu mata palsu bagian bawahnya. Dan bulu mata Silver Swan ini bisa digunakan untuk 4-5 kali pemakaian. Jangan lupa untuk membersihkan sisa lem bulu mata di bagian tulang bulu matanya dengan menggunakan cotton bud dan makeup removal berbahan dasar air. Hindari merendam bulu mata dengan air, khawatir bentuknya berubah girls.

Kalau kamu mau kepo-kepoin jenis bulu mata apa aja yang Silver Swan punya, harganya berapa.. kamu bisa cek di www.silver-swan.com. Ada beberapa items yang lagi disc gengs. Bahagianyaa. Hahaha.

Segitu dulu ya girls tips versi aku tentang bagaimana cara mudah untuk menggunakan bulu mata palsu untuk pemula. Mudah-mudahan bermanfaat yah. Kalau kamu ada tips lain untuk cara mudah pasang bulu mata palsu girls, boleh banget sharing juga sama aku di kolom comment girls.

XOXO.


[sponsored]
Silver Swan
CARA MUDAH PAKAI BULU MATA PALSU
 please find me:
instagram : @arianirosidi
facebook page : Hai-Ariani
email : ayarosidi@gmail.com

52 comments :

  1. Hai...
    Wah artikelnya sudah tayang nih, hihihihihi absen pertama ya ay. Btw artikel ini membantu untuk pemula yang ingin menggunakan bulu mata palsu nih, membantu sekali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa mba savit udah muncul Aja .. gercep.. haha

      Alhamdulillah kalau bermanfaat,, Makasi mba savit udah mampir..

      Delete
  2. Cantiknya... Hahaha Harus didraft nih biar gak keteteran pas pake bulu mata palsu..wkwkwk

    Www.florensiasella.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.. Sela jugaa cantiik..
      makasi udah mampir ya selaa..

      Delete
  3. Asik banget dah dikasih tips cara enak pake bulumata haha biar #teamMaskara kayak aku bisa belajar asiqqqq. Makasih ayaa

    www.rahmabrilianita.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pake maskara ga nampol hasilnya rahma..
      Butuh bulu mataaa.. hahaha

      Delete
  4. sumpah mba, itu packagingnya cute banget! kalo aku seumur-umur belom pernah make eh ==; kacamata tebel jadi ga perlu, ga keliatan hihi

    suika-lovers.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaahh pekejingnya cantik..

      Pake Kaca Mata juga keliatan say.. Coba deh.. hihi

      Delete
  5. Bulu matanya lembut banget pasti ya, kemarin aku pakai untuk riasan nikahan adikku, bulunya kaku banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silver awan iyaaa.. ga kaku sama sekali mbaa aku sukaa recomended banget banger banget haha

      Delete
  6. nice tips. ak jg masih kesusahan klo pasang bulu mata XD packagingnya silver swan keren bgt .baru liat yg kayak gitu haha.

    torichux3.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi banyak tori..
      Silver swan packagingnya emang cantik banget tapi terkesan elegan.. aku juga sukaaaa

      Delete
  7. wah yang punya blog cantik.. wkwkwk

    ReplyDelete
  8. Trims tipsnya mba aya. Aq penasaran sama brand iniii.. soalnya packaging nya syantiiik.. 😍😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama anin..
      Iyaaahh aku juga sukaaaa banget sama brand ini.. lokal pulaaa.. hahaha

      Delete
  9. Ayaaa... nice sharee... waah pantesan aku selama ini salah kalo motong bulu mata malah bagian luarnya.. bukan yang deket idung heheh pantesan jadi aneh bentuknya :D aku juga pernah beli si Silver Swan ini di Century kalo ngga salah, iya lumayan enak dan awet dipakai tapi tempat box nya itu agak kurang asik menurutku hehe.. Aku soalnya juga pecinta fake lashes, ga suka pake maskara karena gampang item dibawah mata kali ngga sengajak kekucek hihi..

    www.inkaparamita.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos inkaaa aku juga ga suka pake maskara.. maskara hasilnya ga terlalu kelihatan di mata aku.. sedih..

      Makasi mampir inka.. mudah-mudahan artikelnya bermanfaat ..

      Delete
  10. Ternyata tak susah-susah banget ya. Saya selalu perhatikan benar cara pasang bulu mata para perias. memang selalu mulai dari tengah lalu erlahan ke samping. Tapi melihat dan membaca rahasianya memang jauh berbeda. makasih sudah berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama mba susindra.. mudah-mudahan bermanfaat ..
      :)

      Delete
  11. brand ini salah satu favoritnya suhaaayy :3
    ngga pernah make bulu mata kalo ngga ada acara formal XD
    pake pun dippakein orang huhu. thankyou for sharing aya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa.. aku pernah denger suhay bilaaang.. dan ternyata emang enak bangeeet..
      aku juga pake bulu mata palsu jarang.. kalau ada event atau kondangan aja.. haha

      Delete
  12. Cepat sekaleee artikelnya uda tayang ajahh qaqa satu ini hihi. Langsung cetar banget yah pemakaiannya hihi

    www.extraodiary.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.. ineeez.. makasi banyak ineeez..

      Delete
  13. aseeeekkkk! Kak aya makin beloooo! ^^

    www.christinauntari.com

    ReplyDelete
  14. Kak ayaaa,,,
    Tips nya bermanfaat sekalii dan cantik lho kak aya di mata kak aya..

    www.liamelqha.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalo bermanfaat liaaa...

      Iyaaa ini silverswan bagussss aku suka jadinya di pake di mata aku.. haha

      Delete
  15. ka ayaaa aku selalu suka sama eyemakeup ka ayaaa :( bulu matanya pas buat mata ka aya kalo di aku kayak ronggeng lol

    lianaeka.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi lianaa..

      Ih bagus kok td aku liat liii..
      ga kaya ronggeng.. haha

      Delete
  16. Emang ya.. bulumata itu nyawanya make up mata :D
    Selain eyeshadow.

    Btw.. iya aku lemnya dari tadi nempel2 terus di tangan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaah samaaa nempel di ujung jari aku.. hahah

      Delete
  17. EOTD kak aya itu gak pernah gak oke. Aku sebal. *banting brush*

    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hwehehehe makasi banyak viiin.. masih perlu banyak belajar.. haha

      Delete
  18. Buperi cantikkkk! Kusuka <3
    Btw Kak Ay, aku masih gatau essensi dari pemakaian mascara sebelum pake bulmat palsu hahaha. soalnya selama ini kalo pake bulmat gapernah ngejepit bulmat dan pake mascara dulu.

    Cindy,
    apriljournals.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku biar warna bulu mata nya item dan makin nempel sama bulu mata palsunyaa..

      Kalo ga di jepit atau maskarain, aku kadang masih suka kepisah bulu mata asli sama palsunyaa

      Delete
  19. Bener banget Ay kalau pake lem kebanyakan malah lama kering jadinya nempel-nempel ke rambutnyaa #Pengalaman

    beautysugarbykhhrnisa.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  20. Aku masih struggle kalo lem bulu mata kak, kadang di ujung dalem mata suka keletek sendiri gitu, masih galau harus kuapakan yaaa :(

    ranilukman.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo misal udah ganggu banget, ga bisa di apa-apain, copot-copot terus, aku gunting.. hahaha

      Delete
  21. ah aku pengen deh dipakein bulmat palsu ama ka aya.. Bulmatku gajelas ini bentuknya sebagian tegak, sebagian turun, sebagian lagi curly wkwk

    heyyyyyjudeeeee.wordpress.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kamu bisa kok jude.. cuma kan kmrn karena dikasi maskara aja jadinya aneh.. tapi udah bener kok pasangnya jude.. 😘

      Delete
  22. kenapa kak aya kalau eye makeup selalu oke.. aku minder jadinya XD aku serasa remahan wafer mah kalau gini. wkwkw

    www.depruttt.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku masih harus banyak belajar deeep.. hahah

      Delete
  23. Eh ternyata gak boleh ditiup-tiup ya, aku kemaren kutiup terus gara-gara ga sabar ka. ahahahahahaha, nice info ka Aya, lain kali gak tiup-tiup sembarangan lagi XD

    http://www.laucchi.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa jijik kalo di tiup-tiup lauchie.. hihihi

      Delete
  24. aku juga kmren sebelum pake di ukur2 dulu ke mata aku.. bingung mau dipotong apa gak.. terus gak dipotong deh, yang dipotong malah yg bawah heheh

    fujichan.net

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga apa-apa fuji kalo pas mah ga usah di potong.. hehe cantik fujiii

      Delete
  25. Ayaaaa, tips nya helpful banget loohhh. maacih ya ibu peri~

    Ray,
    www.rayditaa.com

    ReplyDelete
  26. Kak ayaaa omg matanya jadi makin gede yah :"" [yang sipit iri] haha
    anyway nice tips!

    www.jennitanuwijaya.com

    ReplyDelete
  27. Ibu peri bulmatnya cocok banget, aaah ku iri <3

    Affordable-beauty.review

    ReplyDelete
  28. Ay, cetar sangat lah.. makasih tips2nya. aku kalo pake falshies masih lebih suka pake tangan dulu trus rapiin pake pinset. kebolak balik ya? wkwkwkwk...

    ReplyDelete

Back to Top