Wednesday 7 December 2016

DARI HOBBY JADI MAKEUP ARTIST DAN BLOGGER

DARI HOBBY JADI MAKEUP ARTIST DAN BLOGGER

HIJUP
hobby yang menuntun aku jadi seperti ini

 

Hai.. Assalamualaikum girls..

Semua berawal dari hobby. Itu mungkin yang bisa aku ceritakan kalau ada yang tanya "kamu kok sekarang ke makeup sih? Kok jadinya malah nge-blog sih? Bukannya lebih enak di bank?"
Itu pertanyaan yang sering banget aku dapat. Sebelumnya, kurang lebih empat tahun aku kerja di salah satu bank di Indonesia, karena satu dan lain hal akhirnya aku memantapkan diri untuk keluar dari institusi tersebut, dan memulai usaha sendiri dan blogging.

Pada awalnya aku berpikir, "Bisa ga ya aku keluar dari institusi ini?", "Kalau nanti aku resign terus mau ngapain?", dan masih banyak lagi pertanyaan yang aku lempar ke diri aku sendiri karena takut keluar dari comfort zone. Memang, sudah sangat nyaman bekerja di bank, tapi aku ingin lebih mengembangkan "sayap" aku. 

Akhirnya, Bismillah, aku memberanikan dan memantapkan diri untuk resign, dan memulai kehidupan serba di rumah. Bosan? Pasti. Mana ada yang ga bosan setelah empat tahun sibuk di kantor, dan ketemu banyak orang, terus sekarang harus di rumah, sendirian nunggu suami pulang kantor (waktu itu anak aku belum lahir).

Singkat cerita, karena aku pernah kerja di bank yang menuntut aku untuk selalu pakai makeup ke kantor, dan aku suka hal itu, aku memutuskan untuk serius mendalami ilmu-ilmu makeup, bermacam-macam teknik makeup aku pelajari dengan salah satu Makeup Artist profesional, setelah itu aku lanjut sekolah makeup yang lebih formal. Sampai akhirnya aku bisa merintis menjadi Makeup Artist (MUA) juga.

Sebagai MUA, aku butuh banyak peralatan makeup, dan kosmetik-kosmetik yang aku gunakan untuk merias client aku. Karena sering bersentuhan dengan kosmetik dan aku suka banget dunia kecantikan, itulah yang menyebabkan aku berpikir "kenapa aku ga sharing tentang beauty ke banyak orang?".  Mungkin banget kan ada yang butuh tentang review produk kecantikan, atau tips seputar kecantikan, atau bahkan dari tulisan-tulisan yang aku buat, aku bisa memberikan inspirasi untuk orang lain, misal produk apa yang bagus, teknik makeup seperti apa yang cocok untuk sehari-hari. Dari situ lah, akhirnya aku membangun www.hai-ariani.com sebagai tempat aku sharing seputar kecantikan.

Ada banyak produk luar yang aku gunakan untuk merias client dan itu kebanyakan jarang dijual di Indonesia, kalau pun ada toko offline yang jual, bisa dipastikan harganya sangat mahal. Akhirnya, aku memutuskan untuk mencari seller yang terpercaya, menjual barang-barang asli, tapi secara online. Biasanya, toko online bisa menekan harga jual ke konsumen. Tanpa ragu-ragu lagi, aku langsung menuju BukaLapak.com. Tapi, untuk mempermudah aku belanja di BukaLapak.com, aku men-download aplikasi BukaLapak di handphone.

Dengan aplikasi BukaLapak.com, aku bisa dengan mudah mencari "peralatan tempur" aku untuk merias client dan juga memudahkan aku untuk mendapatkan produk yang ingin aku review di blog.

Begini cara aku membeli lipstik merias client dan untuk blog post  di BukaLapak.com

1. Pertama, setelah aku masuk ke aplikasi BukaLapak (kalau belum punya, bisa download di App Store atau Play Store dulu), atau ke web BukaLapak.com 

BUKALAPAK.COM

 2. "Search" produk apa yang mau dibeli

BUKALAPAK.COM
Akan ada banyak penjual yang menawarkan Lipstik Kylie, tapi aku sarankan pilih penjual dengan bintang tertinggi. Semakin tinggi bintangnya, maka semakin terpercaya penjual tersebut.

3. Setelah menemukan pilihan, lalu klik "Beli" di pojok kanan bawah

BUKALAPAK.COM
setelah itu akan muncul halaman seperti ini, dan klik "Lanjut ke Pembayaran"

BUKALAPAK.COM

4. Perhatikan nominal transaksi yang akan dibayarkan. Apabila sudah sesuai, klik "Lanjut" untuk tahapan selanjutnya

BUKALAPAK.COM
5. Pilih metode transaksi yang paling memudahkan untuk melakukan pembayaran. Jangan khawatir, di BukaLapak ada banyak media transaksi yang bisa kita pilih, bisa melalui Buka Dompet, Transfer, bisa di cicil juga (bunga 0%) melalui kartu kredit, dan media transaksi lainnya. Di sini, aku memilih transfer bank.

BUKALAPAK.COM 
dan setelah itu aku tinggal klik "Selesai" 

BUKALAPAK.COM

Setelah itu, BukaLapak akan mengirimkan email yang berisikan nominal yang perlu dibayarkan dan waktu maksimal pembayaran dilakukan.

Setelah barang yang aku beli datang, maka disitulah aku bisa mulai menginspirasi banyak orang dengan tulisan tentang review produk, dan merias wajah seseorang.

Menjadi Makeup Artist sekaligus Beauty Blogger membuat aku menjadi lebih merasa bahagia. Disaat aku merias wajah seseorang, aku bisa merasakan bagaimana client bahagia ketika hasil riasan selesai. Iya, makeup bisa meminimalkan atau mengoreksi kekurangan pada wajah, dan memaksimalkan kelebihan pada wajah. Dan yang paling buat aku bahagia adalah ketika ada client yang mengatakan "Mbak, ajarin dong gimana caranya makeup kaya gini", saat wajah bulat bisa dikoreksi dengan shading,flek hitam di wajah bisa tertutup dengan full coverage foundation atau ketika mata sipit bisa dibuat terlihat lebih besar dengan eyeshadow dan eyeliner, dan client aku senang, disitulah kebahagiaan aku sebagai makeup artist. Apa yang aku buat, hasil karya aku, bisa menginspirasi orang lain.

Kalau jadi beauty blogger, lain lagi bahagianya. Ketika ada seseorang yang memutuskan menjadi beli atau tidaknya produk yang aku review, atau bertambah wawasannya tentang kecantikan setelah membaca artikel di blog aku, disitulah aku merasa bahagia. Sederhana, iya sesederhana itu aku bahagia. Asal bisa menginspirasi dan memberikan manfaat untuk orang lain, aku sudah bahagia.

Berhubung aku ingin menginspirasi orang banyak. Aku juga butuh sumber yang bisa menginspirasi aku. HijUp, salah satu e-commerce yang memberikan aku banyak inspirasi. Baik itu, inspirasi dalam menentukan out fit yang aku gunakan, sekaligus inspirasi makeup.  

hijup

Banyak foto-foto yang terdapat di website HijUp yang bisa memunculkan inspirasi untuk aku. Setelah aku terinspirasi, maka akan lebih mudah untuk aku menginspirasi orang lain.

Satu hal yang aku garis bawahi, bahwa kita harus berani untuk keluar dari zona nyaman, untuk bisa berbuat lebih, dan menginspirasi lebih banyak orang. 




6 comments :

  1. Wahhh smoga suatu hari aku bsa sesukses kak aya

    www.extraodiary.com

    ReplyDelete
  2. Aamiin.. Aku masih terus berusaha ineeez..

    Sukses buat kita yaa inez.. aamiin

    ReplyDelete
  3. Semuanya ada proses yah, aku juga masih proses "baby step" hihi

    chamtea.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa.. semua Ada proses yang Harus di jalanin.. semangat.. ^^

      Delete
  4. suksees yaa ariani :D
    semoga bisa MUA yang bisa bikin cantik semua ceweeek :D
    hihi

    ReplyDelete

Back to Top