Friday, 8 September 2017

SEO FOR BLOGGING

NGOPI CANTIK BEAUTIESQUAD #2 - SEO FOR BLOGGING WITH SHINTARIES

SEO UNTUK BLOG

Hai.. Assalamualaikum..

Kali ini aku ga review produk atau bahas tentang makeup yang gengs. Aku mau sharing tentang SEO for blogging, materi dari Ngopi Cantik bareng BeautieSquad (salah satu beauty blogger community yang aku ikutin). So mudah-mudahan postingan kali ini membantu kamu, baik yang sudah menjadi blogger maupun yang mau menjadi blogger.

Baca juga : Ngopi Cantik Beautiesquad #1 How to Make Flat Lay Photo For Beginner

Materi tentang SEO ini tentu saja di sampaikan oleh SEO Master, pemateri kali ini benar-benar sudah paham banget tentang SEO, sampai akar-akarnya aku rasa sih.. haha. Beliau adalah Mba Shintaries. Mba Shintaries merupakan founder dari Blogger Perempuan Network , yaitu sebuah komunitas yang menaungi lebih dari 3000 member blogger perempuan. Beliau juga professional blogger dari www.shintaries.com , mentor blogging dan sosial media, serta blogging speaker.

Menurut Mba Shinta, SEO ini memang selalu bikin penasaran. Bukan cuma blogger, tapi juga ecommerce. Semua yang punya situs kepingin muncul di halaman pertama Google. Dengan munculnya suatu situs dihalaman pertama Google memang membawa pengaruh yang sangat besar, baik itu dari segi memaksimalkan penjualan bagi ecommerce atau mempertinggi page view, dan loyal readers untuk para blogger.

Apa itu SEO?

SEO  atau Search Engine Optimization atau Optimasi Mesin Pencari adalah suatu cara supaya situs atau blog kita terdapat di halaman pertama mesin pencari, misalnya Google dan Yahoo. Tulisan dalam blog kita dioptimasi untuk bisa ditemukan di mesin pencari.

Untuk memudahkan penyampaian, Mba Shinta membagi materi menjadi dua bagian yaitu Teori dan Teknis yang diaplikasikan ke blog.

1. Teori SEO

Hal-hal yang membuat blog dapat terindeks oleh mesin pencari , yaitu :

1. Otoritas Blog
yaitu, kepemilikan blog. Google akan lebih memprioritaskan blog dengan akun yang tidak anonim dan memiliki identitas yang jelas. Salah satunya dengan cara mengisi data about me di akun G+. Di sana, kita bisa mengisi informasi terkait blog dan sosial media untuk menunjukan kepemilikan blog kita. Kalau bisa, nama domain yang dimiliki juga didaftarkan dengan email yang sama.

Otoritas blog juga sering diartikan dengan Domain Authority (DA). Semakin besar nilai DA, berarti semakin sering pula selalu terindeks di Google.

2. Konten
Konten dari sebuah blog harus berkualitas, dalam arti bukan blog yang cuma COPAS, harus organic, natural, dan buatan sendiri. Blog yang paling disukai Google adalah blog yang rutin di update. Semakin sering di update, maka semakin baik. Bahkan kalau bisa di update setiap hari itu sangat baik.

Konten dalam sebuah blog post juga termasuk video dan foto, karena saat ada yang search dengan sebuah kata kunci tertentu, maka konten video dan foto juga akan keluar. Jadi, pastikan kita juga mengoptimasi video dan foto. 

Nah, kalau bisa kita juga memiliki blog dengan tema khusus. Misalnya beauty blog, cooking blog, dan lain-lain yang spesifik karena blog dengan konten yang memiliki satu tema khusus lebih disukai oleh Google.

3. Template yang Fast Loading / SEO Friendly Template
Kita ga perlu heran kalau ada blogger yang sampai membeli sebuah template (aku salah satunya. LOL), dan banyak orang yang serius menjalani bisnis penjualan template. Yass.. karena template memegang peranan penting dalam SEO. 
Loading yang dibutuhkan Google adalah sepersekian detik untuk bisa muncul di halaman pertama. Nah, dengan waktu yang secepat itu, hanya bisa dideteksi apabila templatenya tidak terlalu banyak script, ornamen, musik, dan image yang berukuran besar.

Kalau kita ga punya template yang SEO friendly, masih bisa diakalin dengan cara menggunakan template yang seminimalis mungkin. Hindari menggunakan script slider apabila ukurannya tidak kecil, dan resize ukuran gambar sebelum diupload. Usahakan maksimal lebar 600 pixel dan berat 300kb.

4. Mobile Site
Mobile Site ini yang membuat blog kita menjadi responsive dan ini adalah hal yang sangat amat wajib ga bisa ditawar. 90% pengguna internet saat ini mengakses website, blog, dan aplikasi sepenuhnya sudah melalui mobile.
5. Backlink
Backlink ini lah yang sangat menentukan posisi dan prestari dari sebuah blog atau website. Banyak yang menyakini, posisi di search engine ditentukan oleh banyaknya backlink yang dimiliki sebuah blog. Itulah kenapa blog dengan posisi bagus di search engine memiliki nilai DA yang tinggi. Sehingga, intinya SEO adalah backlink.

2. Teknis Penerapan

Menurut Mba Shintaries, kalau bicara tentang teknis lebih bagaimana kita menulis kontennya. Ini harus dibiasakan saja. Sebelum artikel blog post di publish, sebaiknya mulai double check dulu kontennya dan setelah publish ya sudah. Hoho. Karena SEO ini bukan hal magic yang bisa langsung terlihat hasilnya. Justru baru bisa terlihat selama 1 - 2 bulan tapi bisa long lasting. Istilahnya menabung konten dan bisa jadi pageview tetap dan menarik pembaca real yang benar-benar membutuhkan tulisan kita.

Secara teknis, hal yang harus dilakukan untuk optimasi mesin pencari adalah:

1. Meletakan kata kunci di judul
Misalnya, kita mau membuat review sebuah maskara A. Jadi kata kuncil yang ingin dimasukan adalah "maskara A". Maka buat judul yang menarik namun tetap ada nama "maskara A". Contoh : Seharian Memakai Maskara A Ternyata Oke Banget.
2. Ubah permalink
Secara default,kalau menggunakan judul seperti poin 1 diatas, maka link yang akan muncul adalah  "www.namadomain.com/seharian-memakai-maskara-a-tetap-oke. Tapi, kalau secara SEO, maka link tersebut harus diubah menjadi "www.namadomain.com/maskara-a"Untuk mengubah settingan permalink ada di bagian kanan bawah saat membuat konten tergantung blog masing-masing.

TEKNIK SEO UNTUK BLOG


3.  Jumlah kata
Google sangat menyukai konten dengan jumlah kata yang banyak. Sesuai dengan riset, jumlah kata yang sering terindeks adalah 800-1000. Mba Shinta sering menyarankan minimal 1000 kata, namun untuk beauty blog 800 kata sudah cukup.
4. Image
Sebelum upload image, sebaiknya image di resize terlebih dahulu dan di rename dengan nama Keyword. Misal : maskara-a.jpg . Kalau jumlah image lebih dari satu, maka bisa ditambahkan angka dibelakangnya. Misalnya : maskara-a1.jpg , maskara-a2.jpg dan seterusnya.

5. Internal dan eksternal link
Selalu tambahkan link ke tulisan lain dalam blog kita dan juga link ke blog atau web lain sebagai referensi. Related post dan read more di halaman awal  juga diperlukan karena itu dianggap sebagai internal link. Tapi jangan gunakan blogroll yang ada di sidebar karena hal itu dianggap tidak baik, sebab terlalu kebanyakan link keluar oleh Google.

6. Meta deskripsi
Yang paling penting sebenarnya adalah meta deskripsi yang harus diaktifkan. Baik itu di wordpress (dengan plug in) atau di blogspot (setting-seacrh - description). Karena merupakan ringkasan dari konten kita, yang akan muncul pada hasil pencarian. Hal ini akan berpengaruh pada ketertarikan orang untuk mengklik tulisan kita.



META DESCRIPTION
source : Materi SEO for Blog from Mba Shintaries


META DESCRIPTION
source : materi SEO for Blog from Mba Shintaries


SEO inti nya seperti itu girls. Yang banyak dicari oleh blogger atau ecommerce adalah Backlink atau offsite nya, karena kalau onsite , optimasinya hanya sebatas konten, internal link, eksternal link, template, dan image. Sisanya, yang menentukan adalah berapabanyak backlink yang didapat. Oleh karena itu, ada banyak web / blog yang berlomba-lomba mencari backlink dengan cara membayar atau yang paling gampang adalah blog walking.

Untuk meningkatkan performa SEO nya, Mba Shintaries membuat dummy blog. Maksudnya, Mba Shinta membuat beberapa blog yang berbeda, lalu di backlink ke blog utamanya, yaitu www.shintaries.com. Sehingga, bisa mendapatkan DA yang lumayan tinggi dan kadang tidak berpengaruh kalau DA sedang turun ramai-ramai. Selain itu, posisi di Google, trafficnya tetap.

Dummy blog yang dibuat oleh Mba Shinta tersebut yang digunakan untuk blog walking. Kenapa pakai dummy blog untuk blog walking? Karena, sebenarnya kalau kita melakukan blog walking, apalagi dengan format name/ URL Blog kita, maka blog kita akan saling berkaitan dengan blog lain. Di saat blog lain terkena spam komen, maka blog kita akan otomatis kena score juga. Namun apabila yang terkena score terlebih dulu adalah dummy blog (atau dalam SEO di istilahkan dengan layer/ tier) maka blog kita ga akan terkena secara langsung. Sehingga blog akan menjadi aman. Terkadang ada kasus dimana DA satu blog turun, yang lain ikut menjadi turun juga. Hal itu berpengaruh di posisi Google, termasuk spam score juga. Sehingga amannya, dummy blog lah yang rutin berkunjung ke blog lain. Dummy blog sendiri namanya bebas, ga perlu TLD juga ga apa-apa.

Berikut skema main blog dan dummy blog yang dimiliki oleh Mba Shintaries :

MENAIKAN DA
source : Materi SEO for Blog from Mba Shintaries

Mba Shinta juga memberikan solusi, apabila blog walking dirasa rumit dan memakan waktu lama, cara termudah SEO adalah dengan meng-update blog setiap hari. Yes, litterally every day karena Google suka dengan fresh content.

Nah.. kira-kira kurang lebihnya begitu gengs yang bisa aku sharing tentang Materi Ngopi Cantik 2 Beautiesquad bersama Mba Shintaries tentang SEO for Blog kali ini. Mudah-mudahan bermanfaat ya girls.

 find me on:
instagram : @arianirosidi
youtube : Hai Ariani
FB Page : Hai Ariani
email : ayarosidi@gmail.com

13 comments :

  1. Aku bahkan baru ngeh ternyata kalau mau merubah permalink itu ada di situ, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihii...iya mbaa nyempil di situ diaa.. hoho

      Delete
  2. Makasih sharingnya, mba. Sering mentok nggak sampai 1000 kata. Btw aku juga beli template.. lol!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba.. aku pusing soalnya sama html, trus yang pasti mobile friendly seo friendly aja deh.. haha

      Delete
  3. Haloo kak ariani postingannya bermanfaat banget bagi aku yg nggak ngerti apa2 tentang SEO makasih kak ^^ btw mau tanya dong kak barangkali ada saran gtu tempat buat beli tema yg SEO friendly :) makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu aku beli di skyandstars.co say.. banyak pilihan mobile friendly seo friendly.. ada keterangannya semua :)

      Delete
  4. Sharingnya berguna banget kak, tapi masih agak bingung soal backlink hehe. Musti belajar lagi aku :p

    www.zeillamudev.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaa zeilaa aku jg masih perlu banyak belajar ... yuk belajar bareng yuk.. hohoho

      Delete
  5. makasih mbak sharingnya...sangat bermanfaat buat newbie seperti saya. salam kenal yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama mba desy.. alhamdulillah kalo bisa bermanfaat.. salam kenal mba desy.. :)

      Delete
  6. Makasihhh mbak udah ngerangkumin soalnya pengen join sessionnya tapi kemarin aku berhalangan huhuhu. Ini membantu banget sih dan hepi lagi karena ternyata udah aku terapin beberapa tipsnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama samaaa erny.. erny mah blog ny udah keceee ernyy.. hihii

      Delete
  7. Woow pucing pala berbie beb baca ini. Tapi berguna banget dan helpful banget biar makin kece blognya. Mamaci aya sharingnya :D

    Perlu banyak belajar ka

    ReplyDelete

Back to Top