Tuesday, 30 March 2021

5 HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM MEMILIH SOFTLENS

 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Softlens

 

5 HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM MEMILIH SOFTLENS

Masih inget banget, sekitar tiga tahun lalu waktu aku mencoba untuk menggunakan softlens. Alhamdulillah mata aku dalam kondisi normal enggak ada minus, tapi aku penasaran banget sama softlens. Softlens membuat wajah kita lebih hidup, makeup tipis saja tapi kalau pakai softlens tuh keliatan beda banget.Apalagi sekitar 3 tahun lalu (kalau enggak salah, dan itu pertama kalinya aku pakai softlens), aku pernah jadi model makeup salah satu MUA,  walaupun dia tahu bahwa mata aku normal, tetap dipakaikan softlens. Saat itu aku langsung tahu segitu pentingnya peran softlens dalam hasil akhir keseluruhan makeupnya karena langsung beda banget wajah aku.

Sejak itu, aku langsung bertekad bahwa aku harus bisa pakai softlens sendiri. LOL. Karena itu sekarang aku mau share apa saja yang aku perhatikan saat memilih softlens. Mudah-mudahan bermanfaat untuk teman-teman yang saat ini mau mulai pakai softlens.
 
1. Softlens Tipis vs Tebal
Aku selalu memilih softlens yang tipis. Softlens tipis memang cenderung lebih rentan robek, tapi alhamdulillah selama kuku aku enggak panjang, softlens yang aku pakai enggak akan mudah robek. Aku pilih softlens yang tipis karena lebih nyaman dipakai jadi enggak berasa mengganjal.
 
 
5 HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM MEMILIH SOFTLENS

 
Tapi kalau softlens dengan lapisan lensa yang agak tebal nyaman di mata kamu, it's ok banget untuk dipakai karena itu preferensi masing-masing.
 
2.  Kadar Air Softlens
Kadar air dalam softlens mempengaruhi kenyamanan mata kita saat dipakai. Softlens disebut memiliki kadar air tinggi apabila di atas 50% dan rendah apabila di bawah 50%.
 
Sebelum lebih lanjut aku mau membahas tentang kadar air softlens dulu. Misalkan tertera info bahwa softlens dengan kadar air 55%. Artinya material dari softlens tersebut hanya 45% dan 55% nya adalah air. Perlu kita ketahui bahwa softlens enggak bisa memproduksi air. Selama belum dibuka, softlens mendapatkan air dari larutan perendam bawaan dari softlens tersebut. Saat sudah dipakai, softlens mendapatkan air dari mata kita.

5 HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM MEMILIH SOFTLENS



Artinya, semakin tinggi kadar air dalam softlens maka softlens tersebut akan menyerap semakin banyak air di mata kita. Jadi sebaiknya pilih yang mana? Kalau mata kamu banyak memproduksi air, kemungkinan besar akan nyaman menggunakan softlens dengan kadar air yang tinggi, tapi kalau mata kamu memproduksi air yang sedikit mungkin akan lebih cocok dengan kadar air yang rendah.

3. UV  Protection
Buat aku, UV Protection dalam softlens itu penting karena kita tinggal di negara tropis. Paparan UV bisa merusak jaringan mata. Jadi aku lebih memilih softlens dengan UV Protection.
 
4. Tingkat Penyerapan Oksigen (DK/t)
Aku memastikan softlens yang aku pakai mempunyai kemampuan dalam sirkulasi oksigen yang baik, dengan begitu aku akan nyaman dalam menggunakannya.

5. Warna Softlens
Kalau masalah warna, ini benar-benar pilihan dan selera masing-masing individu. Tapi kalau boleh share, aku suka warna softlens yang tidak terlalu kontras dengan warna kulit aku, yang masih sesuai dengan undertone dan warna kulit aku dengan harapan wajah aku enggak terlihat galak saat menggunakan softlens.

Itu adalah 5 hal yang sangat aku perhatikan saat memilih softlens. Ada satu merek softlens yang saat ini sering aku pakai, yaitu Miacare. Miacare bisa dikatakan sebagai expertnya softlens silicon hydrogel. Buat teman-teman yang belum tahu, silicon hydrogel adalah material terbaru softlens yang membuat mata terasa lebih nyaman waktu dipakai. Kelebihan dari softlens silicon hydrogel adalah dapat meningkatkan kadar oksigen sampai 5 kali lebih banyak dari material yang sebelumnya (regular hydrogel).

5 HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM MEMILIH SOFTLENS



Miacare memiliki design yang unik, kalau diperbesar dia seperti pori-pori sehingga enggak membuat mata kita lelah, dan sirkulasi oksigen menjadi lancar. Miacare juga memiliki teknologi EautraSil, yang merupakan formula yang dapat melindungi dari sinar UV. Selain itu, pemberian warna dalam softlens Miacare ini bukan dengan cat, melainkan dengan dotting atau titik-titik halus dan diposisikan pada lapisan tengah (3 layer) sehingga aman untuk mata.

5 HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM MEMILIH SOFTLENS



Miacare memiliki beberapa pilihan warna softlens, ada yang daily dan monthly dengan kadar air sekitar 45%-49%, menurut aku kadar airnya sangat cukup dan nyaman untuk dipakai, enggak bikin mata aku kerasa kering dan tetap nyaman walaupun dipakai dalam waktu yang cukup lama.

Warnanya juga cantik banget dan enggak ada yang membuat wajah aku terlihat galak.

Selama aku menggunakan softlens Miacare, aku merasa nyaman dan enggak membuat mata aku perih dan kering.

Itu dia hal-hal yang sangat aku perhatikan dalam memilih softlens. Kalau kamu apa saja yang kamu pertimbangkan kalau mau beli softlens? share ke aku juga yah.

Find me on:
instagram: Ariani Rosidi
Youtube: Hai Ariani
Email: ayarosidi@gmail.com

No comments :

Post a comment

Back to Top