Thursday 4 April 2019

PEREMPUAN HEBAT, KUAT, DAN SALING MENGUATKAN


PEREMPUAN HEBAT, KUAT, DAN SALING MENGUATKAN

 
lactacyd

Hai gengs.. Assalamualaikum.

Beberapa bulan terakhir ini, di sosial media sering banget bahas tentang feminis. Buat teman-teman yang belum tahu, feminis adalah gerakan perempuan yang memperjuangkan emansipasi atau persamaan hak sepenuhnya antara kaum wanita dan pria tanpa adanya diskriminasi.
Lalu, apakah saya seorang feminis? Tentu saja. Buat saya, adalah tanggung jawab bagi perempuan Indonesia untuk meneruskan perjuangan RA Kartini untuk kesetaraan gender. Buang jauh pikiran bahwa perempuan itu lemah, enggak bisa berbuat apa-apa, tidak boleh mengutarakan pendapat, dan hanya boleh menjadi follower saja. Enggak kok, perempuan juga berhak berkarya, memiliki pendapat, dan memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki.


Lalu, ada seseorang yang komentar, "Berarti kamu membangkang dong sama suami? Ga usah pakai hijab lagi kalau gitu". Terus aku cuma bisa tertawa. HAHAHA. Kenapa sesempit itu sih pemikirannya. Menjadi feminis bukan berarti menjadikan aku pembangkang. Namun, aku bisa berdiskusi dengan suami aku, mengutarakan pikiran, kalaupun pada akhirnya pemikiran suami aku yang lebih tepat, sudah pasti aku akan menurut. Aku bisa menulis dan membuat konten di sosial media adalah salah satu bentuk dukungan dari suami untuk saya dalam berkarya. Satu hal yang perlu diingat bahwa feminis tetap menaati perintah agama. Jadi, menjadi feminis tidak membuat aku melanggar aturan agama. Hehe.

Dan feminis itu tidak pernah menuntut "kesamaan", hanya menuntut kesetaraan. Beda kan yah antara kesamaan dan kesetaraan. Hoho. Jangan sampai ada wanita karir yang terhambat karirnya hanya karena dia seorang perempuan. Itu maksud aku. Perempuan juga punya kekuatan, punya jiwa leadership, dan bisa menguatkan satu sama lain.


Ngomong-ngomong tentang kekuatan perempuan, hari Sabtu tanggal 30 Maret 2019 kemarin aku hadir di acara Lactacyd Blogger Gathering "Share Your Power". Banyak sekali perempuan-perempuan hebat yang membuat aku terinspirasi. Ketika sosok perempuan bisa membuat sebuah pergerakan dan bermanfaat untuk orang lain. Disitulah aku merasa perempuan itu memang makhluk yang luar biasa.

Lactacyd Blogger Gathering, Share Your Power

Ada beberapa narasumber yang hadir di acara tersebut dengan masing-masing perannya yang menurut aku luar biasa banget. Narasumber yang hadir antara lain: Rohika Kurniadi Sari, Asisten Deputy Pemenuhan Hak Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak; Misiyah, Pendiri dan Direktur Institut KAPAL Perempuan; dan dr Riana Nirmala Wijaya.

lactacyd


Ibu Adisti Nirmala, selaku Head of Marketing Sanofi memberikan pembukaan untuk acara talk show ini. Selanjutnya diikuti oleh Ibu Rohika. Dalam sambutannya, Ibu Rohika memberikan pandangan bahwa perempuan memiliki keistimewaan karena perempuanlah sumber dari generasi penerus.

lactacyd

Selanjutnya, Ibu Misiyah yang memberikan dorongan semangat bagi perempuan Indonesia. Beliau menjelaskan secara singkat apa itu Institut Kapal Perempuan. Jadi, KAPAL Perempuan merupakan kependekan dari Lingkaran Pendidikan Alternatif Untuk Perempuan. Tujuan didirikannya KAPAL Perempuan ini adalah membangun gerakan perempuan dan gerakan sosial yang mampu mewujudkan keadilan sosial, kesetaraan, dan keadilan gender serta perdamaian di ranah publik dan privat.

Yang menakjubkan buat aku, ibu-ibu dari Institut KAPAL Perempuan ini walaupun usianya lebih tua daripada aku, tapi beliau semua semangat dan kreatif. Bisa terlihat dari perform yang ditampilkan oleh beliau.

lactacyd


Dibalik kuatnya semua perempuan, tentunya perempuan juga sering mengalami permasalahan di area V nya, misal keputihan, gatal, dan lainnya. Untuk itu sangat penting bagi perempuan untuk menjaga area V nya. Salah satu produk yang dikeluarkan oleh Sanofi untuk mengatasi permasalahan area V adalah Lactacyd.

lactacyd


Menurut dr Riana, menggunakan sabun mandi biasa untuk membersihkan area V bisa berbahaya karena pembersih berbahan dasar sabun memiliki pH tinggi atau alkali dan lebih berpotensi menyebabkan iritasi. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memilih pembersih area V, yaitu ramah pH, memiliki aspek hipoalergenik, pembersih ringan, tidak ada iritan, mencegah kekeringan, dan memelihara keseimbangan mikroba. Kriteria-kriteria tersebut sesuai dengan Lactacyd. Lactacyd sendiri terbukti dapat mengurangi rasa gatal dan bau tak sedap, dengan pH yang ramah untuk area V, serta memiliki kandungan bahan alami yaitu ekstrak sirih dan susu.

dr Riana mengatakan bahwa sejak usia pubertas (saat perempuan sudah mulai menstruasi) sudah bisa menggunakan Lactacyd sebagai pembersih area V. Lalu aku juga sering mendengar mitos bahwa sebelum menikah sebaiknya tidak usah menggunakan pembersih area V khusus, menurut dr Riana itu salah, karena sejak menstruasi itulah area V perlu dijaga kebersihannya supaya terhindar dari bakteri jahat yang menyebabkan keputihan dan bau tidak sedap.

dr Riana juga memberikan tips supaya area V kita tetap terjaga kebersihannya, antaralain: selalu mengganti pakaian dalam apabila sudah terasa lembab, mengganti pentyliner setiap 3 jam sekali, menggunakan pakaian dalam dengan bahan yang menyerap, dan yang terakhir membasuh area V dari arah depan ke belakang.

Acara talk show ditutup dengan memberian donasi dari Sanofi Indonesia kepada Institut KAPAL Perempuan dengan nominal Rp 50.000.000,-.

lactacyd


Setelah aku mengikuti talk show Lactacyd Share Your Power ini aku semakin semangat untuk menyebarkan semangat kepada para perempuan untuk selalu berkarya, menjadi kuat, dan selalu saling menguatkan.

Itu yang bisa aku share tentang talk show inspiratif dari Sanofi Indonesia. Semoga bermanfaat dan bisa menguatkan semangat kamu juga sebagai perempuan untuk selalu kuat dan berkarya dalam bidang apapun.


find me on:
instagram: @arianirosidi
youtube: Hai Ariani
FB Page: Hai Ariani
email:  ayarosidi@gmail.com

17 comments :

  1. wah acaranya seru ya sepertinya kak... memang, jadi perempuan hebat itu harus kuat.

    ReplyDelete
  2. ibu ibu dr institut KAPAL perempuan nya semangt smuanya ya, mnjaga kesehatan area kewanitaan emg penting bgt ya, klo kita sehat kita jd semangat untuk berkarya hehe

    ReplyDelete
  3. gemes banget beb liat foto foto di spot yang backdropnya warna pink gin, seru kayanaya ya event nya, udah gitu banyak spot kece yang instagramable niiih <3

    ReplyDelete
  4. Akhirnya ketemu kak Aya lagi di event ini hehehe, seru ya kak eventnya! Ilmunya juga bermanfaat :D

    ReplyDelete
  5. Suka deh sama event-event women empower kaya gini pastinya seru dan bermanfaat buat kita-kita wanita ya beb pengen deh ketemu sama kamu

    ReplyDelete
  6. Seru nih acaranya..dapat sharing juga bisa bertemu dengan puluhan wanita super di satu tempat. Sebenarnya di dlm Al Quran pun ada ayat yg memperbolehkan wanita memiliki usaha tapi tentunya disesuaikan dgn kodrat nya.. be a power puff Woman

    ReplyDelete
  7. Tema acaranya aja keren Share Your Power jadi dijamin seru dan informatif nih acaranya
    Semoga aja nanti di Bandung juga ada hehe

    ReplyDelete
  8. Bener banget. Aku setuju sama kakak kadang kita sebagai perempuan harus saling menguatkan. Hehehe karna itu butuh banget karna biasa perempuan slalu dianggap lemah padahal paling tangguh kerjain hal apapun sendiri nanggung sakit melahirkan dll

    ReplyDelete
  9. Seru banget kak acaranyaaa. Suka banget sama apa yang ada di banner Lactacyd. Semua wanita itu kuat, dan kita juga harus saling bantu wanita lain untuk menemukan kekuatannya pada diri sendiri. kereen

    ReplyDelete
  10. Seru sekali acaranya kakk, tbh semua wanita itu kuat so harus saling support buat tauuu kekuatannya masing2

    ReplyDelete
  11. Aku baru tau ada organisasi KAPAL mba.. bagus sekali ya misinya. Semoga lancar! And for sure Lactacyd is helping us taking care of our feminine organ.

    ReplyDelete
  12. pantesan aku pernah pake pantyliner seharian karena di outdoor dan ga nemu toilet. eh besokannya malah jd keputihan huff. kalo pake apnty liner emg kudu rutin ganti sih

    ReplyDelete
  13. Sebagai sesama perempuan kita harus saling dukung nuh utk terus berkarya secara maksimal.

    ReplyDelete
  14. Bener banget nih,sangat penting sekali ya untuk melindungi organ intim pasalnya yang dirawat tidak hanya kulit wajah ya mbak

    ReplyDelete
  15. Tahu aja deeh...
    Aku juga selalu membersihkan menggunakan sabun mandi.
    kalau lagi dapet yang ga pas (merknya) memang perih, mesti buru-buru dibilas.

    Ternyata itu gak bagus yaa..?
    Hiiiks~

    ReplyDelete
  16. Yesshh super setuju! Wanita itu hebat dan pantas untuk berkarya, btw produknya aku juga pernah coba mba hehehe

    ReplyDelete
  17. Yang ngomongin kayak begitu ka ay, ga usah terlalu di dengerin, pemikirannya terlalu sempit banget. Yang penting diskusi sama suaminya aman damai tentram. Hehe

    ReplyDelete

Back to Top